Penerapan Konsep Techno Preneurship Pada Karang Taruna RW 01 Pinangsia

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Indonesia mempunyai tujuan untuk membentuk tenaga terampil atau profesional menjadi tenaga ahli dibidang komputer. Pada hari ini tanggal 19 September 2020, Universitas Bina Sarana Informatika Prodi Sistem Informasi Kampus Kota Bogor telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat secara online melalui media zoom yang berkaitan dengan TechnoPreneurship.

Bermitra dengan Karang Taruna RW 01 Pinangsia Jakarta Barat, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan Sharing Knowledge kepada anak anak muda karang taruna atau warga sekitar berkaitan dengan TechnoPreneurship. Istilah TechnoPreneurship itu sendiri adalah gabungan antara technology dan entrepreneur. Kata entrepreneur memiliki makna seseorang yang pandai atau berbakat dalam mengenali produk atau ide baru, memahami langkah-langkah produksi, mampu menyusun operasi untuk pengadaan produk baru.

Singkatnya adalah seorang technopreneurship adalah seorang entrepreneur yang menggunakan aspek teknologi sebagai keunggulannya. Kondisi pandemi Covid 19 sekarang ini, salah satu jalan terbaik bagi untuk mendapatkan income atau pendapatan lebih dengan memanfaatkan teknologi untuk berwirausaha atau entrepreneurship. Hal ini lah yang ingin kami berikan berkaitan pemanfaatan teknologi untuk dijadikan ladang wirausaha atau entrepreneur kepada mitra karang taruna rw 01 pinangsia jakarta barat atau kepada warga sekitar yang mengikuti pengabdian masyarakat ini. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diketuai oleh Bapak Arfan Sansprayada, M.Kom sedangkan materi disampaikan oleh Bapak Omar Pahlevi, M.Kom selaku tutor. Bapak Omar Pahlevi, M.Kom memberikan penjelasan tentang open source ERP yang lagi booming sekarang ini yaitu aplikasi ODOO. Pengabdian Masyarakat ini juga dibantu oleh rekan rekan dosen yang lain seperti Bapak Rachmat Suryadithia, M.Kom dan Bapak Andi Martias, SE,M.Si AK QIA.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini ini berlangsung secara kekeluargaan dan dikemas seramah mungkin, dimana bertujuan peserta yang mengikuti pelatihan ini berperan aktif dalam sesi tanya jawab yang diberikan. Respon yang baik yang diberikan kepada anak anak karang taruna rw 01 pinangsia jakarta barat dan warga sekitar, mereka menjadi mengetahui konsep technopreneurship, manfaat dari technopreneurship dan mengetahui pemanfaat teknologi sebagai ladang berwirausaha. Setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini, mitra karang taruna rw 01 berharap agar kegiatan Pengabdian Masyarakat ini tidak berhenti sampai disini saja melainkan berkelanjutan untuk pelatihan pelatihan yang lain di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *