Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan, Mengolah Data Dan Menampilkan Dalam Bentuk Grafik

Perkembangan teknologi khususnya teknologi komputer untuk saat ini sudah menjadi hal pokok, terutama dalam proses dan aktivitas sehari-hari. Seperti halnya di Pondok Modern Az Zahra Al Gontory, kegiatan yang bersifat administrasi juga tidak luput dari peran komputer. Oleh karena itu, pada hari Sabtu tanggal 19 September 2020 Universitas Bina Sarana Informatika mengadakan pelatihan Microsoft Excel yang ditujukan untuk pengurus Pondok Pesantren Modern Az Zahra Al Gontory di Kelurahan Karangklesem.

Microsoft Excel dipilih dikarenakan dalam aplikasi tersebut mendukung kegiatan atau proses administrasi di pondok seperti mengolah laporan keuangan. Selain itu untuk mendukung data dalam laporan keuangan tersebut dapat dibuat grafik untuk mempermudah pembacaan data.

Tujuan pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan penggunaan aplikasi MS Excel sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal oleh para pengurus Pondok Pesantren dalam menunjang kegiatan administrasi. Narasumber dari kegiatan pengabdian masyarakat ini disampaikan oleh Bpk Afit Muhammad Lukman, M.Kom dan didampingi oleh tim tutor yakni Ibu Corie Mei Hellyana, ST, M.Kom dan Ria Rizqi Amalia selaku perwakilan mahasiswa. Kegiatan PM ini dilaksanakan dan diikuti oleh 18 peserta dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dikarenakan pandemi covid-19, seperti menjaga jarak, rajin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, dan tetap menggunakan masker.  

Kegiatan dimulai mulai pukul 09.00-12.00 WIB, diawali dengan pembukaan/sambutan dari tim LPPM UBSI dan pengurus Pondok Pesantren Modern Az Zahra Al Gontory kemudian dilanjutkan dengan penjelasan materi Microsoft Excel oleh narasumber. Di Akhir sesi perwakilan dari pondok memberikan rasa terima kasih karena sudah diberikan kesempatan untuk menimba ilmu bagi para pengurusnya yang sebagian besar masih muda-muda dan masih mengenyam bangku sekolah/kuliah. Harapannya, pihak Universitas Bina Sarana Informatika juga dapat memberikan pelatihan sejenis untuk aplikasi lainnya di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *