Pelatihan Aplikasi Manajemen Keuangan Bilingual Berbasis Android

Gejolak perekonomian di masa pandemi covid-19 dirasakan oleh banyak kalangan, salah satunya di lingkup keluarga. Ibu rumah tangga harus lebih bijaksana dalam mengatur keuangan keluarga agar tidak terjadi kondisi seperti yang dikatakan pepatah “lebih besar pasak dari pada tiang”. 

Dengan melihat kondisi tersebut, beberapa dosen dari Universitas Bina Sarana Informatika berinisiatif memberikan solusi dalam bentuk pelatihan kepada mitra yaitu Wanita Bethel Indonesia GBI Miracle Service yang beralamatkan di Jl. Affandi No.6 Gejayan, Condongcatur Depok Sleman DIY. Mitra tersebut menyampaikan kebutuhan anggota mereka yang merupakan ibu-ibu akan adanya pelatihan di bidang pengelolaan keuangan berbasis android, terlebih dimasa pandemi ini. Selain menjawab kebutuhan mitra, kegiatan tersebut juga merupakan bentuk nyata kegiatan para dosen dalam memenuhi kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) yang diketuai oleh Bapak Paulus Tofan Rapiyanta, M.Eng. merealisasikan kegiatan pelatihan tersebut pada hari Sabtu, 19 September 2020 pukul 09:00-11:00 WIB. Dikarenakan masih mewabahnya virus covid-19, maka pelatihan dilaksanakan melalui pertemuan virtual dengan menggunakan aplikasi zoom. Tema dari kegiatan tersebut adalah manajemen keuangan dengan menggunakan aplikasi berbasis android bilingual. 

Kegiatan pelatihan ini dibuka dengan kata sambutan dari Ibu Ketua Wanita Bethel Indonesia yaitu Ibu Silvia Indah Susanti. Setelah itu, kegiatan pelatihan ini dilanjutkan dengan paparan dari 3 pembicara yang merupakan dosen UBSI yaitu Bapak Chriswardhana Bayu Dewa, M.M. yang menyampaikan materinya mengenai manajemen keuangan, Ibu Anastasia Meyliana, M.Kom. yang menjelaskan pengenalan aplikasi pengelolaan keuangan berbasis android, dan pemateri ketiga yaitu Bapak Paulus Tofan Rapiyanta, M.Eng. yang memberikan penjelasan mengenai penggunaan aplikasi manajemen keuangan secara lebih rinci dan praktis. Anggota lain yaitu Ibu Angela Bayu Pertama Sari, M.Pd. bertugas sebagai moderator pada acara pelatihan ini. Tak hanya itu, ada 2 orang mahasiswa yang membantu secara teknis jalannya pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini sehingga dapat berjalan dengan lancar. Pelatihan pun ditutup dengan sesi tanya jawab antara peserta dan ketiga pemateri. 

Selama pelaksanaan pelatihan, peserta terlihat sangat antusias yang bisa dilihat dari cukup banyaknya pertanyaan yang diajukan selama pelatihan. Selain itu, ketua dari pelaksanaan pelatihan tersebut, Bapak Paulus menambahkan, “Secara umum kegiatan pelatihan berjalan dengan baik sesuai rencana pelaksanaan. Materi yang dipersiapkan cukup membantu mitra untuk membuka perspektif tentang pengelolaan keuangan yang baik dengan memanfaatkan aplikasi android, yang mudah untuk digunakan kapan saja dan di mana saja.”

Kegiatan ini memberikan manfaat sebagai solusi yang praktis bagi ibu-ibu Wanita Bethel Indonesia dalam mengatur kondisi finansial keluarga mereka. Untuk kegiatan selanjutnya, para dosen UBSI berharap agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan dengan jangkauan peserta yang lebih luas sehingga lebih memberikan nilai kebermanfaatan kepada masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *