Pelatihan Aplikasi Keuangan Sederhana bagi Anak Remaja Panti Asuhan Sakinah Depok

Hari Sabtu, tanggal 19 September 2020 telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Aplikasi Keuangan Sederhana untuk pengenalan dasar aplikasi keuangan bagi anak remaja. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 10.00 hingga pukul 10.30 di Ruang Musholla Panti Asuhan Sakinah Depok yang dihadiri oleh 20 orang anak remaja yang masih bersekolah di sekolah menengah pertama dan menengah atas. Kegiatan dimulai dengan pembukaan dan sambutan oleh Ketua Pelaksana Pengabdian yaitu Ibu Indra Riyana Rahadjeng, ST, M.Kom.

Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai  Aplikasi Keuangan Sederhana oleh beberapa tutor yang bernama Ibu Lady Diana Warpindyastuti, MM., Ibu Wina Widiati, M.Kom, Bapak Yahdi Kusnadi, M.Kom., Ibu Lydia Salvina Helling, S.Kom, MMSI., dan Bapak Syahrial Addin, MM, yang juga mewakili untuk hadir secara langsung di tempat kegiatan tersebut. Selain itu kegiatan Pengabdian Masyarakat ini juga melibatkan seorang mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika yang bernama Ayu Restu Pertiwi. 

Adapun teknik penyampaian materi Aplikasi Keuangan Sederhana untuk belajar disiplin mengelola mengatur dan mencatat pemasukan dan pengeluaran secara mandiri bagi remaja. Setelah peserta paham kemudian dilakukan praktek pengerjaan sesuai penjelasan oleh para tutor. Peserta didampingi sampai dengan kegiatan pelatihan selesai, adapun disela waktu pelatihan ada sesi tanya jawab yg dilakukan oleh peserta dan tutor. 

Kegiatan disambut dengan baik oleh para peserta, hal ini dapat dilihat dari antusias dan keaktifan  para peserta sepanjang rangkaian kegiatan. Pada awal kegiatan diadakan pre-test untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta dalam menggunakan perangkat komputer, kemudian di akhir acara juga dilakukan post-test untuk membandingkan pengetahuan peserta sebelum dan sesudah dilakukan edukasi. Kegiatan berjalan dengan lancar sampai akhir acara, kegiatan Pelatihan Aplikasi Keuangan Sederhana ini ditutup dengan diskusi  mengenai materi, pembagian konsumsi serta foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *