Pemanfaatan Digital Marketing Dalam E-Commerce Di Masa Pandemi

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat diikuti oleh Majelis Ta’lim Hidayatul Mubtadiin. Kegiatan ini dilaksanakan pada pada hari minggu, 13 september  2020 pukul 09.00 wib melalui Aplikasi video conference Zoom. Adapun kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM) tersebut berupa pelatihan kepada anggota Majelis Ta’lim Hidayatul Mubtadiin dengan tema “Pemanfaatan Digital Marketing dalam E-Commerce di Masa Pandemi Covid-19”.

, yang bertempat di Majelis Ta’lim Hidayatul Mubtadiin Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo, Gang H. Ripuh RT 01 RW 11 Nomor 22, Kelurahan Peninggilan Utara, kecamatan  Ciledug, kota Tangerang, nomor telepon: 021-7332348.

          Selama berlangsungnya pelatihan, para peserta terlihat sangat antusias dan semangat. Mereka terdiri dari remaja laki-laki dan perempuan yang usianya antara 12 – 17 tahun dengan jumlah 30 peserta. Dalam kegiatan ini sebagai ketua pelaksana (Kartika Mariskhana) dibantu dengan rekan-rekan sejawat, Nining Suharyanti (Tutor), dan juga anggota PM lainnya, seperti: Murniyati, Endang Suparni, Achmad Syahlani, Desy Tri Anggarini, serta dibantu oleh Muhammad Hisyam Alfi (Mahasiswa). Adapun kendala yang dihadapi para tutor dalam mentransfer ilmu dan pengetahuan adalah kemampuan peserta dalam Pemanfaatan Digital Marketing dalam E-Commerce di Masa Pandemi Covid-19, dalam kegiatan ini diharapkan menghasilkan output berupa aplikasi media sosial seperti aplikasi Instagram atau Facebook sebagai media digital marketing atau akun e-commerce di marketplace yang ada di Indonesia untuk anggota Majelis Ta’lim Hidayatul Mubtadiin. Saya dan rekan lainnya mesti bersabar dan telaten dalam membantu para peserta agar dapat mempraktekkan modul yang telah dibagikan. Mereka mengikuti pelatihan selama kurang lebih 3 jam, mulai pukul 09.00 s.d 12.00 WIB. Pada akhirnya  kegiatan  pelatihan  tersebut  berjalan  dengan  sukses  dan  lancar. 

          Mengenai latar belakang diadakan pengabdian kepada masyarakat pada anggota Majelis Ta’lim Hidayatul Mubtadiin, hal itu dikarenakan masih minimnya pengetahuan peserta akan E-Commerce Melalui  pemanfaatan Digital Marketing dalam meningkatkan pendapatan para anggota Majelis Ta’lim Hidayatul Mubtadiin. Hal itu menjadi alasan bagi para peserta yang secara antusias dalam mengikuti kegiatan PM tersebut. Kami dosen dari Universitas Bina Sarana Informatika, khususnya Sistem Informasi sangat senang berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi kepada pengurus dan anggota Majelis Ta’lim Hidayatul Mubtadiin, agar dapat mempraktekkannya melalui kegiatan  Pengabdian  Masyarakat UBSI.

          Akhir kata mudah-mudahan ilmu pengetahuan yang telah diberikan dosen UBSI menjadi  lebih berguna dan memberikan manfaat bagi peserta pelatihan yang telah mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat walaupun hanya menggunakan media zoom. Diharapkan dengan berakhirnya kegiatan ini dapat menambah wawasan pengetahuan, pengalaman dan juga keahlian Dosen dalam berbagi ilmu kepada masyarakat luas. Semoga kegiatan PM ini,  dimasa yang akan datang jauh  lebih baik dan membanggakan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *