Literasi Digital dan Urgensinya untuk Pendidikan Aman Berkelanjutan

Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika menyelenggarakan acara kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Literasi Digital dan Urgensinya untuk Pendidikan Aman Berkelanjutan di Era Pandemi” di Lingkungan RT.002 RW.04 Kelurahan Sukasari Tangerang. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring mulai pukul 09:00 hingga 10:00 pada hari Minggu 13 September 2020 melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings berlangsung sukses. Hal itu terlihat dari antusias peserta remaja tingkat pendidikan SMP dan SMA yang ikut serta.

Rangkaian webinar dibuka secara resmi oleh MC, kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh ketua panitia dan pemberian materi yang disampaikan secara interaktif agar dapat lebih mudah dalam memberikan penjelasan kepada peserta yang sebagian besar di rentang usia remaja. Kegiatan webinar seperti ini sangat penting bagi usia remaja karena untuk membentuk pola pikir mereka bahwa literasi digital dapat memberi berbagai manfaat selain dari bermain game dan membuka YouTube serta konten-konten yang negatif.

Selanjutnya dilakukan diskusi dan tanya jawab mengenai materi tersebut. Beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta mengenai kemajuan teknologi digital seperti AI (Artificial Intelligence). Setelah dilakukan tanya jawab, maka acara dilanjutkan dengan pengisian kuesioner oleh peserta. Hal yang menarik dari kegiatan ini adalah dengan tambahan pemberian pulsa kepada peserta yang tercepat dalam mengisi kuesioner, juga kepada penanya terbaik, dan satu lagi doorprize diberikan kepada peserta yang online terlebih dahulu dibandingkan dengan peserta lain.  Kegiatan disambut baik oleh para peserta, hal ini dapat dilihat dari antusias dan keaktifan para peserta sepanjang rangkaian kegiatan. Akhir acara ditutup oleh do’a dan pemberian doorprize. Akhir acara ditutup dengan foto-foto antara peserta dengan panitia yang dipandu oleh host. Semoga acara ini dapat diadakan pada semester-semester selanjutnya agar dapat menambah wawasan dan menjalin silaturahmi dengan warga atau masyarakat sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *