Pembelajaran Penggunaan Digital Bagi Anak Dimasa Pandemi Covid-19

Melaksanakan Pengabdian Masyarakat sebagai salah satu kewajiban setiap dosen pada  Universitas atau Perguruan Tinggi. Setiap dosen diwajibkan untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi setiap semester, yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Hal ini dilaksanakan berkaitan dengan kepedulian setiap lembaga atau institusi yang bergerak di bidang Pendidikan, terutama Pendidikan Tinggi dengan mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi khususnya Indonesia sebagai satu negara yang memiliki potensi sumber daya alam dan manusia yang banyak belum dapat disetarakan dengan negara-negara maju. Sebagai wujud dari tanggung jawab dosen di Universitas BSI dalam mengemban amanah Tridarma dan tanggung jawab sosial pada masyarakat melakukan Pengabdian Masyarakat dalam bentuk : “Pembelajaran Penggunaan Digital Bagi Anak Di Masa Pandemi Covid-19”

Pengabdian Masyarakat ini dilakukan pada anak remaja yang tinggal di sekitar RT.002 RW.04, Kelurahan Sukasari, Tangerang Banten. Pelaksanaan pada hari Minggu, 13 September 2020 dengan mengusung tema “Pembelajaran Penggunaan Digital Bagi Anak Di Masa Pandemi Covid-19”. Acara dibuka oleh Fahlepi Roma Doni, M.Kom selaku Ketua Pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat UBSI. yang kemudian dilanjutkan dengan pengenalan Tim Tutor oleh Aji Sudibyo, M.Kom dan anggota pengabdian masyarakat lainnya. Yang turut serta dalam pengabdian masyarakat kali ini diantaranya Ubaidillah, M.M, Muhammad Darussalam, M.Kom, Luthfi Indriyani, M.Kom , Astrid Noviriandini, M.Kom, dan mahasiswa bernama Wahyu Nur Pradana.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta Anak-anak remaja yang tinggal di sekitar RT.002 RW.04, Kelurahan Sukasari, Tangerang Banten, yang dilaksanakan mulai pukul 09.00 – 12.00 WIB WIB. Dalam kegiatan ini diharapkan semua peserta dapat mengaplikasikan materi yang telah diberikan bagi kebutuhan untuk meningkatkan kemampuannya dalam proses belajar online dari rumah masing-masing. Pada saat ini masih dalam masa Pandemi Covid-19 maka diharapkan hasil akhir kegiatan ini adalah berupa kemampuan peserta dalam menggunakan media digital.

Sebagai Solusi dan Target Luaran yaitu memberikan penyuluhan menggunakan media digital agar tidak perlu lagi keluar rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak guna mencegah penyebaran virus covid-19. Sedangkan untuk target luaran dari pengabdian masyarakat ini adalah cara menumbuhkan kreativitas penggunaan media digital dalam masyarakat sekitar lingkungan RT.002 RW.04 Kelurahan Sukasari Tangerang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *