Pelatihan Investasi Deposito Sebagai Sumber Alternatif Pendapatan Pasif

Dampak dari pandemi Covid 19 begitu besar dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat di berbagai bidang. Terutama dibidang perekonomian. Begitu banyak pelaku-pelaku usaha yang terkena imbas dari Pandemi Covid-19 ini. Hal ini tentunya berakibat kepada pendapatan masyarakat.

Keputusan Pemerintah untuk kembali menggerakan perekonomian dengan konsep new normal belum sepenuhnya bisa memperbaiki kondisi ekonomi masyarakat. Masih banyak sekali masyarakat yang belum bisa bekerja atau membuka usahanya dengan penuh. Hal ini tentunya sangat berpengaruh pada pendapatan yang diperoleh. Untuk membantu pemasukan selain dari pendapatan utama masyarakat bisa mencari alternatif pendapatan “sampingan” melalui berbagai cara. Salah satunya adalah dengan investasi. Namun untuk memulai hal tersebut dibutuhkan ilmu dan pemahaman tentang investasi supaya bisa terhindar dari kerugian. Investasi yang tergolong mudah adalah Deposito.

Maka dari pemikiran tersebut kami dari tim pengabdian masyarakat yang beranggotakan lima dosen dari prodi Sistem Informasi Akuntansi, Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika beserta dua mahasiswa  bekerjasama dengan fans club radio mersi 93,9 FM berusaha untuk memberikan pengajaran dan pelatihan yang berkenaan dengan kemampuan untuk melakukan  investasi deposito sebagai sumber alternatif pendapatan pasif menghadapi new normal pasca covid-19, di dalam kegiatan tersebut terdapat ilmu pengetahuan tentang bagaimana menganalisa investasi deposito,  kegiatan tersebut diberikan kepada para fans club radio mersi 93,9  FM.

Dalam masa pandemi covid 19 maka pelaksanaan pengabdian masyarakat tersebut disesuaikan dengan kebijakan pembatasan sosial berskala besar, maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut  diselenggarakan dengan menggunakan media aplikasi ZOOM secara online pada hari minggu tanggal 13 September 2020 berupa pelatihan dengan tema investasi deposito sebagai sumber alternatif pendapatan pasif menghadapi  new normal pasca covid-19 untuk mersi FM Fans club 

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diketuai oleh Bapak Haryanto dan yang bertindak selaku tutor adalah  Bapak Fazhar sumantri serta dibantu oleh bapak Denny Erica, ibu triningsih, dan bapak Roy Irawan serta 2 ( dua ) mahasiswa dari program studi (D-III)  sistem informasi akuntansi fakultas teknik dan informatika Universitas Bina Sarana Informatika yaitu bilal fauzan ahmad dan meylina kartini  .kegiatan pengabdian masyarakat ini diikuti oleh 30 peserta yang merupakan para fans club radio mersi 93,9  FM.

Acara dimulai pada pukul 13:00 wib dengan diawali oleh kata sambutan dari ketua fans club radio mersi 93,9  FM bapak Arief Abdul Wahid.SE dan bapak Fazhar sumantri sebagai pemateri dari pelatihan tersebut juga menyampaikan tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah agar masyarakat bisa mendapatkan pelatihan investasi deposito sehingga bisa memahami dan menganalisa serta memproyeksikan tingkat likuiditas keuangan dan investasi deposito di masa yang akan datang.

Setelah sesi pelatihan kami menerima banyak berbagai komentar dan pertanyaan via ZOOM, salah satunya mengatakan bahwa pelatihan yang diberikan sudah sangat baik tetapi perlu diadakan kembali pelatihan yang serupa biar masyarakat mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang banyak dari segi investasi keuangan, kegiatan pengabdian masyarakat tersebut berakhir pada pukul 16 :00 wib.Semoga pengabdian masyarakat berupa pelatihan investasi deposito sebagai sumber alternatif pendapatan pasif menghadapi new normal pasca covid-19 dapat bermanfaat untuk anggota dari mersi fm fans Club.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *