Workshop Internet Of Things Untuk Remaja di Sukasari Tangerang

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu poin yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi seluruh civitas akademika di kampus. Pada kesempatan kali ini Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta melalui team dosen-dosen program studi Sistem Informasi melakukan kolaborasi dengan mahasiswa pada 13 September 2020 sehingga telah sukses melakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa workshop kepada komunitas remaja di lingkungan RT.002/04 Kelurahan Sukasari Tangerang.

Dalam perkembangan lanjutan seputar teknologi informasi, masyarakat semakin mengenal Internet of Things atau sering kita sebut IOT yang merupakan sebuah konsep dengan tujuan memperluas manfaat dari konektivitas internet tersambung secara terus-menerus. Melalui konektivitas internet kita sebagai manusia bisa melakukan berbagai macam hal seperti berbagi data, remote kontrol, dan berbagai hal menjadi lebih efisien, cepat dan mudah.

Pengabdian kepada masyarakat kali ini diselenggarakan pada masa pandemi covid 19 yang memaksa kita harus menjaga jarak sosial dalam beraktivitas, akan tetapi dengan penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi, acara tersebut masih bisa diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting. Acara dibuka ketua pelaksana Mia Rosmiati mewakili dosen-dosen FTI UBSI yang turut serta dalam pengabdian masyarakat kali ini diantaranya Dirgahayu Erri, Anggi Puspita Sari, Raudah Nasution, Arief Satriansyah, seorang mahasiswi Sistem Informasi FTI bernama Putri Perdana Nugraha. 

Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini mengambil topik “Workshop Pengenalan Internet Of Things Untuk Remaja di Lingkungan RT: 002/04 Kelurahan Sukasari Tangerang“. Dosen serta mahasiswa FTI UBSI turun tangan melalui fasilitas Zoom Meeting untuk berbagi hal-hal baru sebagai pengetahuan supaya masyarakat muda melalui kalangan remaja dapat pengetahuan sesuai perkembangan zaman. Materi workshop yang disampaikan pada rentang waktu jam 13.00-16.00 wib sangat disukai oleh peserta yang rata-rata masih remaja, karena Workshop Pengenalan Internet Of Things yang dibawakan secara atraktif dan menarik oleh dosen FTI bapak Firmansyah selaku tutor. 

Kegiatan tersebut diikuti 24 remaja sebagai peserta dengan antusiasme tinggi, agenda workshop online dimulai dari pembukaan, sambutan, penyampaian materi, tanya jawab peserta dengan tutor dan foto bersama. Berbagai pertanyaan, dan respon yang disampaikan peserta mewarnai sesi tanya jawab sehingga menjadikan acara berlangsung lebih hidup dengan suasana belajar yang menyenangkan. Beberapa peserta menyesalkan karena waktu pembelajaran terlalu singkat hanya sekali pertemuan, dalam wawancara online mereka mengharapkan bisa setiap minggu secara berkala hingga mereka menjadi lebih banyak belajar dan merasakan manfaat langsung.

Tutor Firmansyah dalam wawancara online melalui Zoom Meeting juga memberikan pesan kepada para peserta untuk terus belajar. “Belajar itu harus bisa multitasking dan mampu menyesuaikan kebutuhan yang akan datang, sehingga keterampilan kita sebagai sumber daya manusia terus bertambah.”. Di sesi akhir acara ditutup dengan foto bersama serta pemberian bingkisan paket data dari panitia pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat kepada seluruh peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *