Pemanfaatan Google Drive Sebagai Media Dokumentasi Kegiatan Warga

Dosen teknik Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Bina Sarana Informatika mengadakan pengabdian masyarakat yang bertemakan “Pemanfaatan Google Drive Sebagai Media Dokumentasi Kegiatan Warga RT.002 RW.04 Kelurahan Sukasari Tangerang” yang dilaksanakan pada Minggu, 13 September 2020. Adapun peserta pengabdian masyarakat ini berasal dari Warga sekitar Rt.002 yang berjumlah 20 orang. 

Pelaksanaan pengabdian masyarakat sebagai elemen dalam Tridharma Perguruan Tinggi merupakan wujud nyata dalam memberikan kontribusi langsung melalui pelatihan kepada masyarakat berupa ilmu yang dapat digunakan dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Pengabdian masyarakat kali ini memiliki tujuan agar masyarakat khususnya kepada warga Rt.002 agar dapat memanfaatkan segala hal dalam masa pandemi ini terutama dalam hal dokumentasi agar tidak berbelit – belit dan lebih efisien dengan memanfaatkan google drive dalam kegiatan sharing data.

Amin Nur Rais selaku ketua tim pelaksana mengatakan, pandemic yang sekarang sedang terjadi tidak menjadi suatu halangan untuk para dosen tetap memenuhi kewajiban Ttri Dharma Perguruan Tinggi.

“Dengan adanya google drive sebagai salah satu media yang sangat efisien sangat memudahkan bagi masyarakat terutama anak sekolah atau pun yang bekerja ketika menyelesaikan pekerjaannya yang dibatasi oleh waktu, sehingga dapat cepat terselesaikan ketika dokumen diminta, dan ini merupakan salah satu tema yang sangat antusias di pahami oleh peserta, ” katanya.

Peserta sangat antusias dalam menerima materi yang di sampaikan pembicara meskipun hanya melalui virtual, karena penyampaian materi penuh dengan keseriusan walau diselingi dengan humor. Dosen UBSI ini menyebut, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk peserta yang memang membutuhkan media penyimpanan  yang cepat dan aman.

“sama seperti dengan aplikasi lainnya yang pasti menggunakan internet untuk menjalankan fungsinya, pastikan juga untuk tetap memperhatikan keamanannya, dan siapa saja yang dapat mengakses data tersebut,” tutur Petrus

Banyak peserta yang mengajukan pertanyaan yang tidak mereka pahami sehingga terjadi proses belajar mengajar yang kondusif. Acara Pengabdian Masyarakat ini dibuka pada pukul 09.30 oleh Bapak Amin Nur Rais, M.Kom selaku Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika dan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Petrus Christo, M.Kom sebagai tutor yang dibantu oleh Mustofa, M.Kom, Mugi Raharjo, M.Kom, Musriatun Napiah, S.Kom serta mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika Riski Dermawan Gulo.

Jelasnya, dengan adanya google drive ini diharapkan dapat memudahkan peserta dalam mendokumentasikan setiap pekerjaan ataupun kegiatan yang di lakukan di lingkungan Warga Rt.002. rw.04 Kelurahan Sukasari Tangerang.

Semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat memotivasi Warga Rt.002 Kelurahan Sukasari agar tetap bisa bekerja seperti biasa dengan cepat dan efisien meskipun dalam masa pandemic,” tutur Muhammad Ismail sebagai salah satu peserta dalam kegiatan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *