Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Pada Pertemuan Secara Online DKM Darul Hikmah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)  Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) menggelar Pengabdian Masyarakat secara berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan Pengabdian Masyarakat dilakukan secara virtual pada Minggu, 13 September 2020 dengan peserta Anggota Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Darul Hikmah, Kota Depok. Sesuai dengan  kebiasaan baru masyarakat untuk menjaga jarak di masa pandemi Coronavirus Disease (Covid-19), dan untuk mendukung upaya pencegahan dan pengendalian virus  Covid-19, serta untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam menghadapi kebiasaan baru, khususnya dalam berorganisasi di masa pandemi, maka kegiatan Pengabdian Masyarakat dilakukan secara virtual dengan Tema “Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Pada Pertemuan Secara Online Dewan Kemakmuran Masjid Darul Hikmah, Depok”. Pertemuan antara peserta dan panitia menggunakan Aplikasi Zoom Meeting dengan pemateri Helmi Ivan Taruna, didukung oleh tim dosen Prodi Administrasi Bisnis, yaitu Ratih Setyo Rini, Aan Rahman, Puji Yuniarti, dan mahasiswa UBSI.

Peserta kegiatan adalah anggota DKM Masjid Darul Hikmah, Kota Depok. Masjid yang berlokasi di Pangkalan Jati Baru, Cinere ini menampung 500 jamaah dan juga  menyelenggarakan kegiatan sosial berupa pemberdayaan zakat, infaq, shodaqoh dan wakaf; kegiatan pendidikan (TPA, Madrasah, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat); serta pengajian rutin. Sebagai lembaga keagamaan yang juga melaksanakan kegiatan social, tentu memerlukan sarana untuk dapat melaksanakan pertemuan online, agar pelaksanaan kegiatan sosialnya dapat tetap berjalan di masa pandemi Covid-19. 

Di era teknologi informasi saat ini sudah banyak aplikasi yang biasa digunakan untuk melakukan pertemuan online. Masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Namun demikian, di masa kesulitan ekonomi dan keuangan akibat pandemi Covid-19, tentu akan lebih baik pertemuan online dilakukan dengan aplikasi yang bisa diakses secara gratis dan telah terbiasa digunakan sehari-sehari oleh masyarakat. Alasan inilah yang akhirnya membuat Pengabdian Masyarakat dilaksanakan berupa peningkatan kapasitas anggota DKM untuk memaksimalkan penggunaan Aplikasi Whatsapp untuk keperluan pertemuan secara online. Walaupun dilaksanakan secara virtual, namun tidak mengurangi antusias peserta dalam mengikuti acara ini. Terlebih lagi, Anggota DKM Masjid Darul Hikmah sehari-hari banyak yang bekerja sebagai tenaga pengajar di sekolah-sekolah. Harapannya, semoga kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kapasitas dalam memanfaatkan aplikasi Whatsapp yang sudah biasa digunakan sehari-hari, kedalam kegiatan berorganisasi, juga dalam pekerjaan sehari-hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *