Pelatihan Bahasa Inggris kepada Masyarakat

Pada tanggal 5 September 2020, para dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) melaksanakan Pengabdian Masyarakat yang berlokasi di Kota Batu, Bogor. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Bahasa Inggris dan Sastra Inggris Fakultas Komunikasi dan Bahasa UBSI semester ganjil 2020-2021 dilakukan secara daring yaitu dengan menggunakan Zoom dan Link streaming Youtube karena di tengah pandemik Covid 19 yang masih tinggi di wilayah Kota Bogor. Di sini, para dosen melakukan pengajaran kepada beberapa orang masyarakat yang antusias mengikuti kegiatan. Para peserta dari Kelurahan Kota Batu, Ciomas, Bogor yang sebagian besar adalah staf Kelurahan Kota Batu menyambut dengan hangat.  Tentu dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat dan sesuai anjuran kesehatan. Seperti, memakai masker, jaga jarak aman minimal 2 meter, laptop yang disediakan perorang perlaptop, pembagian sesi berdasarkan jumlah peserta dan juga kelompok pengajar sesuai bidang masing-masing.

Tujuan dari pemberian pelatihan Bahasa Inggris ini adalah sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat dari dosen program studi Bahasa Inggris dan Sastra Inggris UBSI. Secara khusus melalui kegiatan ini diharapkan peserta dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan di bidang Bahasa Inggris sebagai bekal dalam menghadapi persaingan global.

Materi yang diberikan oleh para dosen Bahasa Inggris di Fakultas Komunikasi dan Bahasa dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama diketuai oleh Ibu Doktor Euis Meuinawati, kelompok kedua diketuai oleh Bapak Jimmi M.Pd., dan kelompok terakhir diketuai oleh Bapak Danang Dwi Harmoko, S.S., M.Pd. Materi tiap kelompok dibedakan agar peserta bisa menambah pengetahuan tentang Bahasa Inggris secara luas. Kelompok Ibu Doktor Euis M mengedepankan tema Speaking, kelompok kedua Bapak Jimmi M.Pd. tentang Correspondence, dan kelompok terakhir Bapak Danang Dwi Harmoko, SS, M.Pd. membicarakan tentang strategi pembelajaran Bahasa Inggris di masa pandemi.

Untuk kelompok pertama materi yang diusung tentang Improving Speaking Skills through Daily Routine. Salah satu peserta mengatakan “dengan mengikuti pelatihan ini, saya bisa praktik bicara bahasa Inggris. Apalagi, materinya tentang kegiatan rutin, jadi saya bisa bercakap-cakap dengan teman kerja menggunakan bahasa Inggris”. Kecocokan topik pelatihan dengan peserta juga diperkuat oleh ketua kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu Dr. Euis Meinawati, M.Pd beliau menegaskan bahwa “kemampuan berbicara bahasa Inggris diperlukan oleh para staf kelurahan kota Batu, nah materi yang ringan dan cocok untuk mereka yaitu dengan mengaitkan topik pelatihan dan kegiatan rutin mereka”

Selanjutnya, kelompok kedua mengenai Business Correspondence. Fokus yang diambil adalah tentang written text seperti di email dan surat formal antara klien, pegawai, dan perusahaan tersebut. Dijelaskan dalam kegiatan tersebut lima tipe Business Correspondence; yaitu internal correspondence, external correspondence, sales correspondence,  personalized correspondence, dan circulars. Internal correspondence adalah surat-menyurat antar departemen, unit, sub unit, manajer dan sebagainya di perusahaan itu. External correspondence adalah antar perusahaan dan para klien. Sedangkan sales correspondence adalah surat penjualan atau marketing. Kemudian, personalized correspondence adalah surat pribadi mengenai pujian, kritik ataupun saran tentang suatu produk atau jasa. Terakhir adalah circulars; pengumuman kepada orang banyak. 

Sedangkan kelompok terakhir adalah Learning English Guide during Coronavirus Outbreak. Materi ini ditujukan untuk memberikan panduan kepada peserta pelatihan terkait strategi pembelajaran Bahasa Inggris baik untuk dewasa maupun anak-anak.

Setelah pemberian materi selesai dari masing-masing kelompok, dilanjutkan dengan sesi foto bersama via Zoom sebagai bukti dokumentasi telah dilaksanakannya Pengabdian Masyarakat Prodi Bahasa inggris dan Sastra Inggris Fakultas Komunikasi dan Bahasa UBSI Semester Ganjil 2020-2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *