Literasi Keuangan Untuk Masa Depan Keuangan Yang Lebih Terencana

Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini telah mengakibatkan banyak orang kehilangan pekerjaannya sebagai akibat dari kebijakan yang berkaitan dengan pembatasan sosial. Banyak pekerja yang pendapatannya berkurang dan bahkan tidak lagi memiliki pendapatan. Akibatnya mereka kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya, banyak dari mereka tidak memiliki simpanan dana darurat, karena tidak paham pentingnya hal tersebut. Padahal jika mereka paham maka kondisi ekonomi keluarga masih dapat diantisipasi untuk jangka waktu tertentu. 

Fenomena tersebut menjadi perhatian kami selaku akademisi untuk berbagi pengetahuan mengenai pentingnya investasi melalui literasi keuangan. Dengan melakukan salah satu kegiatan wajib Tri Dharma Perguruan Tinggi pada program Pengabdian Masyarakat, maka kami dari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika mengadakan pelatihan untuk meningkatkan “Literasi Keuangan Untuk Masa Depan Keuangan Yang Lebih Terencana pada Komunitas Fans Club Radio Mersi FM” yang berlokasi di Jl. HOS Cokroaminoto no.37 Larangan Utara, Kota Tangerang. 

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 13 September 2020, dimana presentasi dilakukan oleh tutor kami Bapak Faizal Roni, dibantu oleh ketua pelaksana Ibu Ratih Hastasari, dan Ibu Elita Lukminarti selaku anggota. Selain itu kami juga melibatkan mahasiswa untuk membantu terlaksananya kegiatan ini, yaitu Belnia dan Sagita yang merupakan mahasiswa program studi Manajemen.  Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 13.00 dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting, dengan peserta dari komunitas fans club Radio Mersi FM yang berjumlah 12 orang. Peserta mengikuti kegiatan dengan berkumpul di rumah ketua pengurus fans club radio mersi dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan yang berlaku. Peserta mengikuti kegiatan ini dengan antusias, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan, dan mereka menyatakan sangat terbantu dengan informasi yang sudah kami sampaikan. 

Acara berakhir sore hari sekitar pukul 16.00, dan dengan berakhirnya acara tersebut, kami memiliki harapan semakin banyak masyarakat yang paham pentingnya literasi keuangan yang berkaitan dengan investasi, maka semakin banyak pula masyarakat yang sejahtera karena mampu mengelola keuangan dengan lebih terencana untuk masa depan  masyarakat yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *