Perhitungan Laporan Keuangan Menggunakan Ms. Excel

Pada Hari Sabtu tanggal 5 September 2020, Universitas Bina Sarana Informatika kembali menggelar agenda rutin semester yaitu Pengabdian Masyarakat (PM). Pelaksanaan PM dilakukan rutin setiap semester dengan lokasi dan tempat yang berbeda. Kali ini PM dilakukan berbeda karena adanya Covid-19, diberlakukan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) untuk menghindari penularan Covid-19,  sehingga dilakukan baik secara tatap muka maupun online menggunakan aplikasi zoom. Peserta PM Periode Ganjil 2020/2021 ini adalah 40 Staff dan Ib-ibu PKK Kantor Desa Kota Batu Ciomas. Peserta tersebut sangat perlu dibekali pengetahuan komputer berupa cara pembuatan laporan keuangan menggunakan Ms. Excel untuk memudahkan pekerjan mereka. Kegiatan PM ini dilakukan sebagai bagian dari kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, kami melaksanakan PM sebagian secara tatap muka dan sebagian lagi dilakukan secara online menggunakan zoom. Maksud dari pelaksanaan menjadi 2 bagian adalah untuk menghindari kerumunan masa.

Salah satu bentuk upaya dalam memperkenalkan perkembangan teknologi informasi maka panitia melaksanakan PM ini agar mereka lebih mengenal komputer.

Peserta pelatihan serius dan antusias dalam mengikuti semua sesi yang diberikan oleh bapak/ibu dosen yang menjadi tutor. Tidak jarang, peserta mengajukan pertanyaan atas materi yang diberikan. Peserta berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan untuk menjalin kerja sama lebih lanjut di semester berikutnya. Pelatihan ini dilakukan di Kantor Desa Kota Batu, Ciomas, Bogor. Semoga di waktu yang akan datang, Universitas Bina Sarana Informatika khususnya Prodi Sistem Informasi Kampus Kota Bogor dapat kembali menggelar kegiatan serupa untuk menjalankan kegiatan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi dalam bentuk pelatihan lain sebagai tanggung jawab moral dan sosial terhadap lingkungan sekitar. (AGE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *