Penerapan Media Pembelajaran Google Classroom Untuk Belajar Mengajar

Pada masa pandemic sekarang ini Universitas Bina Sarana Informatika menyelenggarakan kegiatan dalam bentuk Pengabdian Masyarakat guna memperjuangkan pendidikan di Indonesia agar tetap bangkit dan tetap diterapkan sebagaimana biasa di bangku sekolah untuk anak-anak Indonesia. Sudah menjadi peranan kita sebagai tenaga pendidik untuk memikirkan cara apa yang harus dilakukan agar mereka tetap mendapatkan pembelajaran meski dengan pemberlajaran jarak jauh.

Dengan demikian kita harus memanfaatkan teknologi informasi yang sudah ada saat ini sebagai sarana dan prasarana yang mereka butuhkan untuk menunjang pelaksanaan pendidikan dan peningkatan mutu pendidikan. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan adalah dengan lahirnya konsep pembelajaran dalam jaringan (daring). Dengan demikian sudah menjadi tugas kami sebagai tenaga pendidik Program Studi Sehingga kami sebagai tenaga pendidik di Program Studi untuk membuat kegiatan dalam bentuk Pengabdian Masyarakat pada warga RT.008/010 Kelurahan Pela Mampang dengan memberikan Pelatihan Menggunakan  Google Classroom Untuk Membantu Kegiatan Belajar Mengajar Secara Daring pada warga RT.008/010 Pela Mampang Jakarta Selatan

Kegiatan tersebut berlangsung atas kerja sama Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri dan Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 26 dan 27 September 2020 pukul 10.00-11.00 WIB di Aula RT.008/010 Kelurahan Pela Mampang. Kegiatan berlangsung dengan dibuka dengan sambutan oleh Bapak Verry Riyanto, M.Kom, selaku Perwakilan dari Panitia kegiatan pengabdian masyarakat yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Mahbub selaku Ketua Rukun Tetangga 008/ 010 Pela Mampang, selanjutnya pengisian materi oleh Bapak Herlambang, M.Kom dan Bapak Hermanto, M.Kom selaku tutor di hari sabtu, sedangkan Bapak Achmad Maezar Bayu Aji, M.Kom selaku Tutor dihari Minggu, pada kegiatan tersebut diikuti oleh kurang lebih 20 orang warga RT 008/ 010 Pela Mampang yang masih berusia sekolah sebagai peserta. Selama kegiatan berlangsung seluruh peserta sangat antusias mengikuti keseluruhan kegiatan webinar pelatihan, Panitia memberikan Doorprize untuk para peserta webinar pelatihan yang dapat menjawab pertanyaan dari tutor atau bisa menjelaskan langkah-langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya. serta pembagian cinderamata untuk semua peserta pelatihan. 

Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi warga Rt.008/010, Kelurahan Pela Mampang, Mampang Prapatan Jakarta Selatan sebagai bahan pembelajaran jarak jauh di sekolah dengan menggunakan Google Classroom.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *