Teaching Wrting by Using Pictures For Junior High School Students (SMP) at TKQ/TPI

Pelajaran writing (menulis) sangat penting dipelajari dalam pembelajaran bahasa inggris. Dengan semangat dan pandai menulis bahasa inggris membuat para pembelajar bahasa inggris mudah menyampaikan ide dan gagasannya melalui tulisan. Sayangnya kebanyakan siswa merasa kesulitan ketika akan memulai menulis. Mereka sulit menyampaikan ide-ide dan gagasan mereka dalam bentuk tulisan. Demi memantik minat menulis (writing) pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Di Tengah situasi pandemi ini kita masih bisa berkontribusi untuk turut serta dan aktif dalam upaya mencerdaskan anak bangsa yaitu salah satunya dengan turut serta melakukan kegiatan pelayanan dan pengajaran bagi masyarakat sekitar dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Untuk itu pada Minggu, 6 September 2020 para dosen dari Prodi Bahasa Inggris Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) tetap semangat mengadakan Pelatihan Teaching Writing by Using Pictures for Junior School Students (SMP) at TKQ/TPI Pusat Perguruan Islam Daarul Faiziin, Duri Kepa Kebon Jeruk, Jakarta Barat sebagai salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pandemi mungkin saja membatasi ruang gerak manusia untuk berkegiatan di luar rumah. Namun jangan sampai pandemi juga membatasi kreatifitas kita dalam melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dan orang banyak. Untuk itu kami selalu berkomitmen untuk melaksanakan seluruh kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan mengutamakan kesehatan dan keselamatan baik bagi para peserta, para pengurus, maupun para tutor sendiri. Kami tetap berupaya melakukan aksi jaga jarak (social distancing) dan selalu menggunakan masker serta tidak lupa untuk menggunakan hand sanitizer selama diperlukan.

Dalam kegiatan tersebut para siswa diajak untuk aktif menulis dengan memberikan gambar – gambar (pictures) sebagai upaya stimulasi untuk memantik ide-ide dan agar siswa dapat menikmati kegiatan menulis sehingga mereka mampu menyalin imajinasi dan pikiran mereka dalam bentuk tulisan. Materi berupa gambar-gambar yang diberikan akan siswa konversikan ke dalam bentuk kata yang selanjutnya dikembangkan lagi menjadi kalimat hingga akhirnya mampu menjadi tulisan yang memiliki makna.

Setelah mengikuti kegiatan Pengabdian Masyarakat ini hingga selesai, para peserta yang sebelumnya terlihat pasif dan kurang percaya diri menjadi terlihat lebih berani dan percaya diri dalam menulis berbahasa inggris. Para peserta juga merasa senang dan berterima kasih dengan kegiatan ini hal ini terbukti dari antusiasme peserta selama kegiatan dan melihat pendapat peserta dari hasil survey yang telah diisi para peserta melalui kuesioner yang diberikan setelah kegiatan berakhir.

Acara pun ditutup dengan doa dan berfoto bersama. Sekian untuk kegiatan pengabdian kali ini sampai jumpa di kegiatan Pengabdian Masyarakat berikutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *