Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Untuk Memperluas Jangkauan Dakwah

Perguruan tinggi merupakan sebuah tempat untuk meraih ilmu serta memproses keilmuan guna dapat bermanfaat untuk masyarakat yang luas dalam berbagai aspek keilmuan sebagai contoh teknologi komputer. Kegiatan belajar dan mengajar tersebut sudah mutlak adanya di dalam sebuah perguruan tinggi sesuai dengan bidang ilmu yang dicapai. Keberhasilan sebuah perguruan tinggi didasari pada aspek kemanfaatan dan kontribusi yang besar pada masyarakat sebagai ajang untuk meningkatkan kualitas diri pada masyarakat tersebut. Selain proses belajar dan pengajaran yang dilakukan pada sebuah perguruan tinggi, Terdapat kewajiban pelaksanaan 3 Tri Dharma Perguruan tinggi yang harus dijunjung tinggi dan selalu dilakukan.

Pendidikan dan Pengajaran terkait dengan akitivitas belajar dan meningkatkan potensi di kelas pada mahaasiswa, kedua Penelitian dan Pengembangan berkaitan dalam proses mencari pengetahuan baru, Ketiga Pengabdian kepada Masyarakat guna mengimplementasi ilmu yang dimiliki sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat umum. Ketiga point tri dharma perguruan tinggi menjadi kewajiban bagi Dosen dan mahasiswa/i untuk mengamalkannya.

Berdasarkan dari pemaparan di atas Universitas Bina Sarana Informatika Fakultas Teknologi Informasi Prodi Tekonologi Informasi telah menjalankan tri dharma ketiga yaitu  Pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan pengabdian  kepada masyarakat berlangsung pada tanggal 05-06 September 2020 secara Daring DKM Masjid Darul Hikmah. Mengusung tema Peningkatan Kualitas SDM Pengurus DKM Masjid Darul Hikmah Melalui Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Untuk Memperluas Jangkauan Dakwah.

Bertindak sebagai Penanggung Jawab kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Bapak Dr. Mochamad Wahyudi, M.M, M.Kom, M.Pd, sebagai Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat adalah  Ibu Suparni, M.Kom, Tutor Ibu Kusmayanti Solecha, M.Kom, yang beranggotakan Bapak Jefi, M.Kom dan tiga mahasiswa atas nama Andi Raihan Ainurrahman, Arief Ramanda Putra, Arya Dhea Nur Ramadhan.

Didampingi para dosen semua peserta antusias dalam mengikuti pengajaran Hal ini dimaksudkan agar para pengurus DKM Masjid Darul Hikmah mempunyai kemampuan dalam menggunakan media social sebagai sarana untuk memperluas jangkauan dakwah. Pada hari Sabtu tanggal 05 September 2020 kegiatan dimulai pada pukul 09.00-12.00 dimulai dari mempersiapkan materi Dakwah dengan mempersiapkan konten materi menggunakan WordPad dimana isi konten materi yang berupa bahasa Indonesia dan bahasa arab dan tutorial merekam audio kajian khutbah jum’at dimana nantinya akan di masukkan ke dalam media social. Pada hari Sabtu tanggal 06 September 2020 dilanjutkan kembali dimulai pukul 09.00 dengan materi tutorial mengunggah materi dakwah yang telah dipersiapkan sebelumnya ke dalama media social Facebook, Instagram, sampai dengan upload Video Dakwah di YouTube kegiatan selesai pukul 12.00.

Kami segenap dosen dan mahasiswa/I Universitas Bina Sarana Informatika berharap kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dalam bidang tekonologi Informasi dapat dilakukan secara berkesinambungan sehingga meningkatkan  potensi masyarakat luas secara umum agar dapat memperoleh peningkatan yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *