Meningkatkan Pemahaman Penggunaan Microsoft Word Bagi Perangkat Desa Kota Batu

Perangkat desa adalah perwakilan terdepan bagi masyarakat di lingkungan wilayah desa dalam menghadapi berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakatnya. Permasalahan dan kebutuhan masyarakat ini baik secara internal masyarakat di wilayah tersebut, maupun kepentingan yang harus disampaikan kepada pemerintah daerah (pemda) hingga pemerintah pusat (pempus). Dengan demikian, perangkat desa yang memiliki kemampuan dan keahlian, akan memudahkan masyarakat dalam menyampaikan dan menyelesaikan aneka kebutuhan dan permasalahan mereka.

Para staff kantor desa, para RT dan RW serta kader-kader PKK, adalah bagian dari masyarakat di wilayah desa yang tentunya tidak hanya harus memiliki kemampuan administratif, namun juga harus ditopang oleh penguasaan aplikasi teknologi informasi. Hal ini tidak lain, karena teknologi informasi telah menjadi bagian penting untuk memudahkan pemberian informasi dan pelayanan kepada masyarakat. Dengan menguasai aplikasi teknologi informasi, maka pengumpulan data dari masyarakat, penyampaian informasi kepada stakeholder terkait (pemda, pempus, organisasi/lembaga masyarakat dan warga) serta pengolahan informasi secara umum, akan menjadi lebih mudah dan efisien.

Dalam rangka penguatan kemampuan bidang teknologi informasi, tim dari Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik dan Informatika, Universitas Bina Sarana Informatika, memberikan pelatihan secara daring bagi sejumlah perangkat desa pada Desa Kota Batu, Bogor, Jawa Barat. Kurang Lebih 45 orang perangkat desa, yang terdiri atas sejumlah staf kantor Desa Kota Batu, Ketua RW dan RT di wilayah Desa Kota Batu, beserta sejumlah kader PKK Desa Kota Batu, mengikuti pelatihan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Kegiatan pelatihan ini, dipimpin oleh Aswar Hanif selaku ketua tim, disertai oleh lima orang dosen dari Prodi Teknologi Komputer, yaitu Yayan Hendrian, Ade Surya Budiman, Markus Lilik Martanto, Syamsul Bahri dan Ibnu Alfarobi serta Roni (perwakilan dari Mahasiswa).

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diselenggarakan pada Hari Sabtu (5 September 2020) ini, berlokasi di Kantor Desa Kota Batu, dengan mengambil tema “Pelatihan Microsoft Word Tingkat Menengah Bagi Staff Kantor Desa, Ibu-Ibu Kader Pkk, Dan Ketua RT/RW Desa Kota Batu”. 

Mengingat kondisi dan status Bogor Raya yang masih berstatus kejadian Covid-19 yang tinggi, maka pelatihan dilakukan dengan bantuan aplikasi teleconference berupa Youtube Live dan Zoom, dengan semaksimal mungkin berusaha mencapai efektifitas pelatihan bagi seluruh peserta.

Dengan kesulitan penyampaian materi yang cukup tinggi karena harus diberikan secara daring, sebagian besar peserta tetap menyampaikan apresiasi dan kepuasan atas materi pelatihan yang diberikan. Akan tetapi ketidakpuasan beberapa peserta dengan metode pengajaran daring juga perlu dipertimbangkan untuk pelaksanaan kegiatan ini di kesempatan berikutnya. Hal ini mengingat peserta sebagian besar tidak terbiasa dengan pelatihan secara daring, sehingga kesulitan untuk menyampaikan kesulitan saat pelatihan secara detail kepada panitia. Namun, secara umum peserta mendapatkan pengalaman baru dan peningkatan kemampuan dalam penggunaan aplikasi Microsoft Office seperti Word, yang memang sangat banyak dipergunakan dalam kegiatan administratif para perangkat desa. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus berjalan dikesempatan yang lain, tentunya dengan harapan yang besar dapat dilakukan secara tatap muka, setelah masa pandemi dan kedaruratan akibat Covid -19 berakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *