Perhitungan Sederhana Dengan Microsoft Excel Bagi Staff Kantor Desa

Realisasi salah satu poin tri dharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat telah dilaksanakan. Di tengah pandemi virus corona ini tentu kegiatan tidak dapat dilakukan secara langsung seperti  biasanya. Namun dengan adanya teknologi video conference maka kegiatan ini tetap dapat dilaksanakan dengan baik tanpa mengurangi makna dan ilmu yang ingin disampaikan kepada masyarakat.

Universitas Bina Sarana Informatika kampus kota Tegal bekerjasama dengan kampus Universitas BSI lainnya menyelenggarakan pengabdian masyarakat melalui aplikasi Zoom. Kami memberikan beberapa materi kepada staff di Kantor Desa Batu Bogor. Kali ini tema yang diusung oleh Universitas BSI kampus kota Tegal adalah “Pelatihan Perhitungan Sederhana Dengan Microsoft Excel”. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar memberikan ilmu bagi para staff kantor desa untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan lebih mudah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi untuk perhitungan data dan lain lain menggunakan microsoft excel.. 

Kegiatan pengabdian masyarakat ini telah dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 05 September 2020 dengan target peserta adalah Staf Kantor Desa Kota Batu, Ibu-Ibu Kader PKK, Ketua RW/RT di wilayah Kota Batu. Kegiatan berjalan dengan lancar dimana materi disampaikan melalui pemaparan video secara langsung. Para peserta juga dapat melakukan interaksi selama kegiatan berlangsung. 

Materi yang disampaikan antara lain adalah bagaimana cara pengelolaan dana kas kecil dibutuhkan kemahiran untuk membuat sebuah laporan keuangan, dimana tutor utama dalam kegiatan ini adalah ibu Wati Erawati, M.Kom yang dibantu oleh ibu Ratnawati, M.Kom, bapak Sudirja, MM serta dua mahasiswa Arif Hidayanto dan Cici Pratiwi.

Antusias peserta cukup tinggi dalam mengikuti kegiatan ini. Hal ini dikarenakan adanya cara baru dalam berinteraksi dapat pula dirasakan meski tidak dapat bertemu secara langsung. Semoga dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat secara online ini dapat menambah wawasan serta dapat bermanfaat bagi semua peserta yang terlibat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *