Pemanfaatan Aplikasi Sistem Informasi Masjid Pro Pada DKM Masjid Jami’ Darul Hikmah Depok

Dosen Universitas Bina Sarana Informatika Fakultas Teknik dan Informatika  Program Studi Sistem Informasi Akuntansi pada tanggal 5 September 2020 melakukan Pengabdian Masyarakat secara daring dengan memanfaatkan aplikasi zoom meeting dengan peserta anggota Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Jami’ Darul Hikmah Depok dengan tema “Pemanfaatan Aplikasi Sistem Informasi Masjid Pro Pada DKM Masjid Jami’ Darul Hikmah Depok”, dengan pemateri bapak Badar Murifal dan dibantu oleh tim dosen yang terdiri dari  Raden Mohammad Riezky Pahlevi, Evy Priyanti, Musthafa Kamil, Lady Diana Warpindyastuti, Veti Apriana, dan  mahasiswa UBSI bernama Hikmawati. 

Peserta Pengabdian Masyarakat adalah anggota DKM Masjid Jami’ Darul Hikmah. Masjid Jami’ Darul Hikmah beralamat di Jl. H. Terin RT. 006/03 Kel. Pangkalan Jati Baru Depok Jawa Barat . Masjid Jami’ Darul Hikmah memiliki luas tanah 500 m2 , luas bangunan 750 m2 dengan status tanah Wakaf. Masjid Jami’ Darul Hikmah memiliki jumlah jamah > 200 orang, jumlah muazin 5 orang, jumlah remaja 40 orang dan Jumlah Khatib 4 orang. Masjid  Ja’mi Darul Hikmah merupakan tempat ibadah  bagi  umat  Islam. selain itu masjid digunakan sebagai institusi pendidikan dan ketrampilan untuk warga di sekitar masjid. Dari data diatasi, tentu Masjid Jami Darul Hikmah memerlukan sistem informasi yang berisi Identitas Masjid, Pengurus Masjid, Inventaris ( assets) Masjid, Kegiatan-kegiatan Masjid dan Risma, Pelaksanaan Sholat dan Catatan Kas Masjid dengan menggunakan sistem informasi berupa aplikasi sistem informasi Masjid Pro. 

Selama ini dalam kegiatannya pemanfaatannya dilakukan secara manual oleh Pengurus DKM Masjid Jami’ Darul Hikmah Depok seperti pencatatan uang masuk untuk amal,infaq serta sodaqoh, uang keluar untuk pembayaran listrik, gaji marbot masjid, kegiatan Bulan Suci Ramadhan, kegiatan Peringatan Tahun Baru Islam,dan lain-lain. Dalam menghitung uang masuk dan keluar, dilakukan dengan buku catatan kas secara manual yang membutuhkan waktu yang lama pencatatannya serta rentan terjadi kesalahan dalam pencatatan yang pada akhirnya menjadi tidak efektif dan efisien. Selain itu untuk Kegiatan Bulan Suci Ramadhan, Kegiatan Tahun Baru Islam, dan lain-lain, dilakukan secara manual untuk menentukan hari dan tanggal pelaksanaan, perincian dana, skedul kegiatan dan lain-lain. 

Oleh karena itu diperlukan pemanfaatan kegiatan menggunakan komputerisasi yaitu sistem informasi berupa aplikasi sistem informasi Masjid Pro agar pencatatannya menjadi efektif dan efisien serta menghindari dari kesalahan pencatatan uang masuk dan keluar serta skedul kegiatan untuk kegiatan Bulan Suci Ramadhan, Kegiatan Tahun Baru Islam dan lain-lain. Dalam Pengabdian Masyarakat ini merupakan kesempatan yang baik bagi Pengurus DKM Masjid Jami’ Darul Hikmah Depok untuk menimba ilmu lebih banyak, tentunya dengan tujuan bagaimana membuat pemanfaatan aplikasi sistem informasi dengan menggunakan aplikasi sistem informasi Masjid Pro dengan baik.

Para peserta sangat semangat menyimak penjelasan tentang Aplikasi Sistem Informasi Masjid Pro agar dapat mengaplikasikan sistem ini sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemakmuran masjid dan warga di sekitar masjid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *