Pelatihan Pembuatan Video Menggunakan Bandicam Untuk DKM Masjid Darul Hikmah Depok

Dewan kemakmuran masjid (DKM) merupakan penanggung jawab kegiatan-kegiatan penyelenggaraan acara yang dilaksanakan di masjid ataupun tempat ibadah ummat muslim yang erat kaitannya dengan kegiatan peribadahan, syi’ar kegamaan maupun majelis ilmu agama. Kegiatan tersebut biasanya dapat diselenggarakan atas persetujuan dewan pimpinan masjid atau musollah.

Akan tetapi pada saat pandemi covid-19 yang sedang mewabah, kegiatan tersebut praktis terhenti dikarenakan alasan kesehatan. Penyelenggaraan kegiatan-kegiatan diatas dapat meningkatkan kerumunan dimana penyebaran virus paling banyak terjadi akibat tidak diberlakukannya physical distancing.

Permasalahan ini kami tangkap sebagai sesuatu yang dapat menghambat kegiatan penyampaian ilmu khususnya ilmu agama yang kemungkina rutin dilaksanakan pada saat tidak adanya wabah covid-19. Dengan latar belakang hal tersebut kami dosen Faluktas Teknik dan Informatika, Program Studi Teknik Elektro, Universitas Bina Sarana Informatika, mengadakan kegiatan penyuluhan dan pelatihan pembuatan video sebagai media pembelajaran dan penyebaran ilmu serta untuk meningkatkan kinerja pengurus DKM Masjid Darul Hikmah Depok, khususnya untuk saat sekarang ini, yang dituangkan dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kinerja Pengurus DKM Masjid Darul Hikmah Depok, dengan menggunakan video sebagai media sosialisasi yang diharapkan dengan hal tersebut masyarakat lebih tertarik untuk aktif berpartisipasi walaupun dengan berbagai keterbatasan ruang gerak. Selain itu pengurus DKM Masjid Darul Hikmah juga dapat meningkatkan kreativitas dalam menyiapkan dan menyampaikan  program kerja dan kegiatan dalam rangka sosialisasi  Masjid Darul Hikmah   kepada masyrakat luas.

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 1 jam dan diselenggarakan pada hari sabtu, 5 September 2020 ini cukup pendapatkan antusiasme peserta. Dengan tutor ibu Sri Watmah dibantu dosen lain sebagai pemandu, memudahkan penyerapan materi kepada para peserta sehingga kegiatan berjalan dengan lancar. Harapan kami untuk saat pandemi ini pemahaman media alternatif sebagai media sosialisasi kegiatan sangatlah membantu demi tersampaikannya informasi penting yang memang dibutuhkan oleh masyarakat. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan dapat diaplikasikan pada kegiatan-kegiatan di DKM Masjid Darul Hikmah Depok. YPA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *