Implementasi Google Suite untuk KBM Online Di Masa Pandemi

Pada tanggal 13 Juni 2020, Universitas Bina Sarana Informatika mengadakan Pengabdian Masyarakat dengan tema Implementasi Google Suite Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Secara Online bagi Guru dan Santri TPQ Nurul Huda. Hal tersebut disebabkan kondisi Pandemik Covid-19 masih berlangsung sampai saat ini  maka pengabdian masyarakat dilaksanakan secara online melalui Aplikasi Zoom, pelatihan ini diikuti oleh para Guru dan Santri TPQ Nurul Huda. Materi yang diberikan adalah fasilitas yang terdapat dalam Google (Google Suite). Google Suite memiliki beberapa fasilitas yang bisa digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar secara online seperti Gmail, Google Drive, Google Doc, Google Meet, Google Classroom dan lainnya.

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah agar kegiatan belajar mengajar membaca alqur’an pada TPQ Nurul Huda tetap berjalan sebagaimana mestinya.  Berdasarkan hal tersebut maka kami melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memperkenalkan dan memberikan pelatihan mengenai penggunaan Google Suite. Melalui pemanfaatan dan penggunaan dari fasilitas Google Suite inilah kegiatan belajar mengajar membaca alqur’an para guru dan santri TPQ Nurul Huda dapat tetap terlaksana dan tetap memperhatikan physical distancing yang sudah ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat.

Panitia Kegiatan yang terdiri dari para dosen fakultas Teknik dan Informatika program studi Sistem Informasi Akuntansi yang dibantu oleh para mahasiswa menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat ini dimulai dari membuka pendaftaran dengan menyebarkan informasi mengenai kegiatan ini dengan berkoordinasi kepada pihak TPQ Nurul Huda. Informasi kegiatan pengabdian masyarakat ini disebar melalui whatsapp kepada para guru dan santri. Pada saat pelaksanaan, kegiatan pelatihan berjalan dengan lancar dan disambut dengan sangat antusias oleh para peserta. Peserta merasakan bahwa pelatihan yang diberikan sangatlah bermanfaat untuk menunjang kegiatan berlajar pada TPQ Nurul Huda. Kekompakan, kebersamaan dan kerja sama begitu terasa dalam pelatihan tersebut, dimana para peserta antusias mengikuti pelatihan dengan Aplikasi Zoom.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *