Pelatihan Google Suite For Education Berupa Pemanfaatan Google Form

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, diharapkan adanya sebuah kegiatan yang memiliki nilai guna dan bermanfaat terhadap siapa saja, mulai dari siswa, guru, karyawan hingga pribadi masing-masing. Dalam hal ini, perguruan tinggi merupakan sebuah sarana yang dapat digunakan untuk meraih ilmu serta memproses keilmuan guna dapat bermanfaat untuk masyarakat dalam berbagai aspek keilmuan seperti pengembangan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan teknologi komputer. Kegiatan belajar dan mengajar tersebut ada pada sebuah perguruan tinggi sesuai dengan bidang ilmu yang akan dicapai. Keberhasilan sebuah perguruan tinggi didasari pada aspek kemanfaatan dan kontribusi yang besar pada masyarakat sebagai ajang untuk meningkatkan kualitas diri pada masyarakat tersebut.

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen-dosen Kota Sukabumi Semester Genap Tahun 2019/2020 telah dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 13 Juni 2020 pukul 09.00-10.30 WIB dengan peserta para santri dan guru TPQ Nurul Huda Kelurahan Sunter Agung Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara. Adapun sebagai penyelenggara Program Studi Teknologi Komputer Universitas Bina Sarana Informatika. 

Dikarenakan kegiatan ini dilakukan pada masa pandemi Covid-19, pengabdian masyarakat jadi berbasis online yang dilakukan secara virtual dengan media Zoomeet. Pada kesempatan kali ini tersusun panita pengabdian untuk Program Studi Teknologi Komputer Sistem Informasi Kota Sukabumi dengan Ketua Pelaksana Bibit Sudarsono, M.Kom, sebagai tutor Dasya Arief Firmansah, M.Kom dan anggota tutor Agung Wibowo, ST. M.Kom, Denny Pribadi, M.Kom, Muhammad Ramdani dan Ranti Julianti. Materi yang disampaikan antara lain Google suite for education, Pemanfaatan Google Form untuk efektivitas dan efisiensi dalam pembelajaran. Materi-materi yang disampaikan sangat bermanfaat bagi guru dan santri yang ada pada Taman Pendidikan AL-Qur’an (TPQ) Nurul Huda dalam rangka mendukung pembelajaran secara online pada masa pandemi Covid-19 saat ini . 

Sesi akhir kegiatan sebagai bahan evaluasi panitia membuat quiz online dan kuesioner dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang diisi oleh seluruh peserta pengabdian masyarakat dan kedepannya sebagai bahan evaluasi bagi panitia untuk dapat menyelenggarakan kegiatan yang jauh lebih baik. Panitia juga membuat dokumentasi kegiatan diantaranya berupa foto kegiatan dan e-modul sebagai kenangan yang bisa dimanfaatkan bagi para peserta kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *