Pelatihan pembuatan label tempel Menggunakan Lakban Transparan

Kegiatan tridharma perguruan tinggi dilakukan setiap semester oleh Dosen. Dalam kondisi Pandemi Corona saat ini kegiatan tersebut  harus tetap dilaksanakan untuk memenuhi laporan beban kinerja dosen (BKD). Ditengah Pandemi Covid 19 kegiatan pengabdian masyarakat dosen Universita Bina Sarana Informatika Fakultas Teknik dan Informatika Program Studi Sistem Informasi melakukan dengan media zoom video conference. 

Pelaksanaan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2020, kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa pelatihan Microsoft Word membuat label tempel menggunakan lakban transparan. Peserta kegiatan ini anak-anak remaja pada yayasan mata pena, dimana yayasan ini menaungi Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan (KOPPAJA) kurang lebih 40 anak. Alamat yayasan tersebut Baranangsiang 3 blok E No. 1E RT 03 RW 08 Perumahan IPB, Kelurahan Tegallega kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor. Kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh ketua pelaksana Syaiful Anwar, M.Kom, kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh koordinator tutor Eni Irfiani, M.Kom  anggota lainya  adalah Sunarti, Ririn Restu Aria, Nur Hidayati, Ali Haidir dan mahasiswa yang ikut membantu kegiatan ini Muhamad Rival Nursapei.

Walaupun Pengabdian masyarakat tidak secara langsung dilaksanakan tetapi kegiatan ini dapat berjalan  dengan kondusif. Tutor menjelaskan langkah-langkah pembuatan label tempel menggunakan lakban transparan dengan jelas. Selain dijelaskan langsung melalui media zoom video conference, peserta juga diberikan modul untuk pemaparan materinya. Ditengah kondisi saat ini skill yang kreatif adalah yang diperlukan. Selain skill yang diberikan peserta juga diberikan pengetahuan mengenai penggunaan microsoft word. 

Kegiatan pengabdian pada masyarakat bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan label tempel menggunakan lakban transparan bagi anak-anak remaja di Yayasan Pendidikan Mata Pena Bogor. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan para peserta menjadi kreatif ditengah kondisi saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *