Menjadi Programmer dengan Uji Kompetensi untuk Mahasiswa UBSI Fatmawati

Sertifikasi merupakan salah satu cara untuk menunjukkan bahwa kita mampu melakukan tugas spesifik sesuai dengan yang tertera disebuah sertifikat. Hal ini membantu mahasiswa  dalam mencari pekerjaan kedepannya, karena calon perusahaan baru bisa mengetahui bahwa pelamar ini memiliki kemampuan yang memang mereka cari dan bisa dibuktikan dengan sebuah dokumen resmi. 

UBSI Kampus Fatmawati bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi melakukan uji kompetensi untuk membekali mahasiswa UBSI agar lebih terpacu menjadi seorang programmer yang handal. Uji kompetensi ini dilakukan pada tanggal 11 Desember 2019. Uji kompetensi ini diselenggarakan selama 11 jam dengan asesor ibu Evy Priyanti, M.Kom. Uji kompetensi diawali dengan sambutan ketua LSP UBSI yaitu ibu Tati Mardiana, M.Kom.

Arahan serta langkah-langkah yang harus dilalui selama uji kompetensi diterangkan dengan jelas oleh beliau. Selama proses pengujian peserta atau asesi diwajibkan melampirkan bukti unjuk kerja sebagai bahan pertimbangan asesi kompeten atau tidak, beberapa bukti unjuk kerja yang harus dilampirkan berupa program menggunakan subroutine/fungsi, dokumentasi program, rancangan dan implementasi basis data, program untuk manipulasi data stuct/queue, mockup program berbasis mobile, program chat, file .exe, buku petunjuk penggunaan program, dan testing program menggunakan black box.

Rangkaian uji kompetensi dilalui dengan baik oleh peserta atau asesi sebagai syarat pengujian dan dapat dinyatakan kompeten sebagai seorang programmer. Seluruh asesi dinyatakan kompeten dalam uji kompetensi kali ini.

Sertifikat kompetensi programmer inilah yang nantinya akan mereka gunakan sebagai bekal dalam melamar pekerjaan dan merupakan langkah awal dalam mengawali karir pada era industri 4.0 saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *