Seminar Membangun Kompetensi Untuk Kompetisi di Era Industri 4.0

JAKARTA–Program Studi Teknik Industri Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Kramat 98 menyelenggarakan seminar pada hari Rabu (30/10/2019). Acara bertema “Membangun Kompetensi Untuk Kompetisi di Era Industri 4.0”. Kegiatan tersebut digelar di Aula Kampus UBSI Kramat 98, acara diawali dengan pembukaan yang dilakukan oleh moderator, Ade Suryanto, M.Kom. Tujuan acara tersebut digelar untuk memperluas wawasan mahasiswa/i tentang kemampuan yang harus dimiliki sebagai seorang Engineer yang profesional serta kiat sukses meraih karir yang cemerlang di Era Industri 4.0.

Indonesia termasuk sebagai salah satu yang mengalami peningkatan perubahan di era revolusi industri 4.0, maka dari itu sumber daya manusia dituntut untuk memiliki kompetensi dalam menghadapi revolusi industri 4.0 sehingga perubahan era ini tidak lagi menjadi masalah besar.

Miwan Kurniawan Hidayat, S.T, M.Kom, selaku Ketua Program Studi Teknik Industri dalam sambutan seminar yang dilaksanakan pada hari Rabu tersebut, menuturkan bahwa “Kegiatan ini memberikan wawasan bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri dengan kemampuan yang harus dimiliki dan selalu siap berkompetisi di dunia kerja pada era industri 4.0” papar Miwan.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang memiliki kompetensi keahlian IT Architect dan IT Project Manager. Muhaemin, S.Kom, SH, MM, M.Kom dan ia juga sebagai Trainer IMINFOTAMA Jakarta (IT Project Manager, TOGAF 9.1, IT Risk COBIT 5.0, Bisnis Analis) sekaligus beliau menjabat sebagai Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Informatika dari 2015 hingga sekarang.

Muhaemin selaku pembicara dalam seminar tersebut menuturkan, 5 sektor utama yang dipilih sebagai sektor fokus untuk “Making Indonesia 4.0”. “Untuk bersaing dengan orang asing, dituntut untuk selalu mengembangkan kemampuan dan menciptakan ide baru yang dimiliki karena zaman sekarang yang sudah memasuki era industri 4.0” ujarnya.

Mahasiswa dan mahasiswi sangat antusias mengikuti acara seminar tersebut, dengan diajukannya beberapa pertanyaan seperti yang dilakukan oleh Endah Helmynasari yang minta penjelasan tentang skema kompetensi di bidang teknik industri.

Selain itu narasumber menjelaskan tentang skema kompetensi yang ada di bidang teknik industri “Agar dapat bersaing didunia industri era 4.0 harus memiliki kompetensi diantaranya Perencana dan Pengendali Produksi, Pengendali Kualitas, serta Pengelola Riset Pasar” ujarnya.

Acara tersebut ditutup oleh moderator dengan kesimpulan “Semoga dengan diadakannya acara seminar prodi teknik industri ini, mahasiswa dapat mempersiapkan apa yang harus dibutuhkan untuk menghadapi era industri 4.0. Sehingga mahasiswa mulai dari sekarang menambah kemampuan sesuai minat dan bakat yang harus dimilikinya untuk meraih masa depan impiannya” ujar moderator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *