Gear up for Speaking Confidently

Jakarta, Selasa 19 November 2019. Puji syukur kehadirat Tuhan yang maha esa karena Universitas Bina Sarana Informatika Program Studi Bahasa Inggris telah dengan sukses dan lancar menyelenggarakan seminar dan workshop untuk mahasiswa semester 3 jurusan Bahasa Inggris dengan tema “Gear Up for Speaking Confidently” di aula kampus UBSI Kalimalang

Latar belakang diselenggarakannya kegiatan ini adalah karena banyak mahasiswa yang masih merasa kurang percaya diri untuk tampil di depan umum, utamanya dalam Bahasa Inggris. Oleh karena itu, tujuan diadakannya seminar dan workshop ini adalah untuk meningkatkan level percaya diri serta kemampuan berbicara Bahasa Inggris mahasiswa UBSI di depan umum. Hal ini dirasa penting, selain karena kemampuan berbicara merupakan hal yang harus dikuasai oleh para pembelajar Bahasa Inggris, juga, dengan cara ini mereka diharapkan mampu bersaing dengan dunia luar kelak. 

Pada kesempatan kali ini, Program Studi Bahasa Inggris mengundang David Rizal untuk menjadi pembicara. Beliau merupakan News Anchor atau pembaca berita di Liputan 6 pagi SCTV. Acara berlangsung pada pukul 9 pagi, dipandu oleh MC sekaligus moderator Sayyid Khairunas, S.S., M.Pd.

David mengungkapkan bahwa Confident atau Percaya Diri merupakan hal yang krusial dan mendasar jika ingin memulai berbicara di depan umum, apalagi dengan Bahasa Inggris. Oleh karena itu David memberikan tips serta trik bagaimana meningkatkan level percaya diri dan juga Do’s and Don’ts ketika ingin tampil.

Materi yang fun dan menarik serta tepat sasaran membuat atmosfir seminar begitu hidup. Sepanjang kegiatan berlangsung, banyak dari peserta yang terlihat begitu antusias mengikuti serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh pembicara. 

Di sela-sela pemaparan materi, David memberikan challenge kepada peserta untuk maju ke depan menjadi seorang News Anchor. 2 orang mahasiswa yang berasal dari kampus Jatiwaringin dan kampus Salemba menjawab tantangan tersebut. Setelah diberikan sedikit arahan mengenai bagaimana cara membaca teks ala pembaca berita handal di televisi, kedua peserta tersebut dengan sukses membaca sebuah narasi berita dengan gayanya masing-masing yang disambut tepuk tangan oleh peserta lainnya. Hadiah pun diberikan kepada kedua orang tersebut.

Di akhir sesi, David mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada program studi Bahasa Inggris UBSI yang telah memberikan kesempatan untuk membagikan ilmu serta pengalaman beliau sebagai seorang jurnalis dan public speaker. Dia pun memberikan semangat kepada adik-adik yang tengah menempuh studi di UBSI, semoga kelak apapun yang mereka cita-citakan, bisa terwujud di masa depan. [SKH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *