Pelatihan Penggunaan Microsoft Office Power Point

Sabtu, Tanggal 26 Oktober 2019, Universitas Bina Sarana Informatika Fakultas Teknologi Informasi, Program Studi Sistem Informasi Akuntansi telah melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat. Untuk kegiatan Pengabdian kali ini berada pada semester ganjil tahun 2019/2020. Adapun mitra dalam melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat pada semester ganjil 2019/2020 ini adalah Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Islam Al Muhajirin  yang berlokasi di Jl. Haur Jaya I no. 1 Kelurahan Kebon Pedes Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor.

Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Islam Al Muhajirin Bogor merupakan Yayasan yang bergerak dalam bidang Sosial dan Pendidikan setingkat MTS atau SMP sederajat, dengan Visi dan Misinya adalah ‘’mencerdaskan anak bangsa terutama bagi anak-anak dari keluarga yang tidak mampu”. Terkhusus untuk anak yatim piatu pihak Yayasan memberikan gratis atas semua biaya pendidikan, hal tersebut disampaikan oleh bapak Hasanudin, S.E, M.Ak dalam sambutanya selaku ketua Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Islam Al Muhajirin Bogor, selain itu bapak Hasanudin, S.E, M.Ak juga menyampaikan harapan agar kedepannya kegiatan ini dapat terus dilakukan dengan materi yang lain. 

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dimulai dari jam 09.00 Pagi dengan tema membuat bahan ajar menggunakan Microsoft Office Power Point 2010, pesertanya adalah bapak / ibu guru Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Islam Al Muhajirin Bogor. Materi disampaikan oleh bapak Endang Wahyudi, M. Kom yang dibantu oleh rekan-rekan dosen dari kelompok lain, adapun untuk kelompok kami terdiri dari bapak Kasmanto Miharja, S.E, M.M selaku ketua pelaksana yang dibantu oleh bapak Arief Fadholi, S.E, M.M dan ibu Artika Surniandari, M. Kom dengan melibatkan dua orang mahasiswa yaitu Bunga Dwi Febriani dan Dani Dharmawan.

Selain teori mengenai Microsoft Office Power Point, bapak Endang Wahyudi, M. Kom juga menyampaikan materi mulai dari pengenalan layout/ template di dalam membuat Power Point, kemudian diajarkan juga mengenai fungsi hyperlink, sehingga dalam melakukan pengajaran bapak/ibu Guru bisa mempersiapkan materi dengan membuat power point, materi yang disampiakan dapat dikemas lebih menarik dan tidak membosankan dengan harapan para siswa akan lebih antusias dalam memperhatikan materi yang disampaikan.

Selama kegiatan praktek penggunaan Microsoft Office Power Point dalam membuat presentasi materi pengajaran , bapak / ibu Guru sangat antusias dan berlomba untuk membuat materi presentasi semenarik mungkin dengan menerapkan semua langkah-langkah yang telah disampaikan oleh bapak Endang Wahyudi, M. Kom beserta rekan – rekan dosen yang lain. Ketika mereka menemukan kesulitan, merekapun tidak segan atau malu untuk bertanya, mereka berharap agar pada semester depan kegiatan ini dapat dilakukan lagi di Yayasan Tempat  mereka mengajar karena mereka masih ingin memperdalam pengetahuan mengenai Microsoft Office Power Point.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *