Pelatihan Pengenalan Basic Computer Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbesar di Indonesia, yang pada tahun 2019 ini memiliki semangat siap menghadapi revolusi industri 4.0 dan persaingan di bidang teknologi informasi. Pada kesempatan ini staf pengajar dan mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Program Studi Sistem Informasi (D3) Kampus Kota Bogor ingin mengaktualisasikan ilmu yang didapat pada proses kegiatan belajar mengajar dengan mengadakan kegiatan

Pengabdian Masyarakat, dimana kegiatan ini mengusung tema Pelatihan Pengenalan Basic Computer Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Kegiatan  ini dilaksanakan selama 2 kali pertemuan, yakni pada hari Sabtu tanggal 19 dan 26 Oktober 2019 pada aula RPTRA Cipinang Besar Selatan RPTRA yang berlokasi pada Jl. Griya Wartawan, Rusunawa Cipinang Besar Selatan, Blok E, RT.019/RW.05, Jatinegara, Jakarta Timur.Kegiatan pelatihan difokuskan mengenai teknologi informasi khususnya dari segi hardware berupa pengenalan komponen komputer atau laptop, segi software berupa pengetikan naskah, fungsi-fungsi menu bar dan penggunaan fasilitas word art dengan menggunakan salah satu aplikasi word processing, yang dapat digunakan dalam kegiatan administrasi sehari-hari.

Kegiatan pelatihan komputer diikuti oleh ibu-ibu PKK dan staf RPTRA Cipinang Besar Selatan, dimana selama proses pembelajaran didampingi oleh staf pengajar dan mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Program Studi Sistem Informasi (D3) Kampus Kota Bogor. Kegiatan pendampingan selama proses pelatihan berlangsung sangat penting untuk menciptakan suasana kekeluargaan dan dapat meningkatkan pemahaman materi secara baik. Pak Arfan Sansprayada, M. Kom selaku tutor pada kegiatan ini mengaku sangat terbantu dalam mempresentasikan materi sehingga para peserta lebih mudah dan cepat dalam memahami materi pelatihan.

Kegiatan pelatihan ini diketuai oleh bapak Omar Pahlevi, M. Kom, dimana selama kegiatan pelatihan ini berlangsung selalu memotivasi dan memberikan arahan mengenai pentingnya materi tersebut dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Kesan yang baik juga disampaikan dari pak Eko, salah satu staf pengurus RPTRA Cipinang Besar Selatan, dimana beliau sangat terbantu dan termotivasi dalam proses pelatihan ini. Kegiatan pengabdian masyarakat ini ditutup dengan ramah tamah antara panitia dari Universitas Bina Sarana Informatika Fakultas Teknologi Informasi Program Studi Sistem Informasi (D3) Kampus Kota Bogor dengan para ibu-ibu PKK dan staf RPTRA Cipinang Besar Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *