Dosen UBSI berikan pelatihan Ms.Word pada kegiatan Pengabdian Masyarakat

Pengabdian masyarakat menjadi salah satu kewajiban bagi tenaga pengajar di lingkungan perguruan tinggi. Seperti dilakukan dosen-dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) dari Fakultas Teknologi Informasi prodi Teknologi Informasi yang baru saja menggelar kegiatan tersebut. Muhammad Muharrom, M.Kom, ketua pelaksana kegiatan mengatakan, pengabdian masyarakat menjadi kewajiban di lingkungan dosen.

Kegiatan ini digelar di Panti Asuhan Yatim Piatu dan Dhuafa Yayasan Al Mabrur Kebalen, Gg. Kramat, Kebalen, Kecamatan Babelan, Bekasi, Jawa Barat. Peserta yang hadir merupakan anak yatim dan dhuafa yayasan Al Mabrur dari kalangan siswa/i Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Muharrom menyebut, materi yang disampaikan kali ini mengenai ‘Pengenalan Fungsi Dasar Ms. Word’. Materi tersebut menurutnya, sangat penting, mengingat hampir disemua bidang, baik instansi maupun lembaga sudah menggunakan aplikasi tersebut dalam mengurus urusan administrasinya.”Sekarang Ms.Word sangat dibutuhkan, di dunia kerja apalagi. Jadi, minimalnya mereka harus bisa menguasai Ms. Word agar mudah kelak diterima kerja juga. Untuk skill mereka juga,” tambahnya.

Sementara Kadinar Novel, M.Kom selaku tutor, yang menyampaikan materi ini menjelaskan, pengetahuan dasar tentang Ms. Word yang diajarkan antara lain cara membuat surat dan bagaimana menambahkan fitur-fitur dalam Ms. Word, seperti membuat paragraf, halaman dan memasukan table dan gambar.

Menurutnya, pelatihan ini sangat berguna untuk pengembangan mereka. “Kalian (peserta) harus punya keterampilan dalam membuat surat di Ms. Word. Selain itu, jika sudah bisa, akan mempermudah dalam mempercantik tulisan, layout-nya. Bisa dipakai untuk membuat tugas sekolah juga,” katanya saat menyampaikan materi.Selain itu, peserta juga langsung diajak praktik dalam pembuatan surat di Ms.Word.

Linda, salah satu peserta, merasa senang bisa mengikuti kegiatan tersebut. Pasalnya, ia bisa belajar hal baru, yang belum dia pelajari di sekolahnya.

Siswi kelas 9 SMP tersebut, juga mengapresiasi kegiatan ini. Harapannya, kedepan ia bisa menggunakan hasil pembelajarannya dikegiatan ini, sebagai penambahan skill yang bisa dipakai untuk tugas sekolah juga di lingkungan organisasi.

” Seneng banget, karena saya belum bisa buat surat dengan Ms.Word. Disini saya banyak bilang, ‘ oh jadi bisa kaya gini ya ‘. Banyak ilmu baru yang saya dapatkan,” ujarnya.

Sedangkan Muharrom berharap, dengan terselenggaranya kegiatan ini menjadi langkah nyata dosen UBSI dalam berkontribusi di masyarakat. Terutama dalam ikut mencerdaskan generasi muda bangsa.

“Ini menjadi salah satu bukti nyata bagi dosen UBSI dalam ikut berkontribusi di masyarakat. Saya harap kedepan kegiatan ini selalu mendapat apresiasi dan antusias masyarakat,” tutupnya.

Peserta berjumlah 20 orang. Selain Novel dan Muharrom, dosen lainnya yang ikut serta yakni, Tika Adilah M, S.Kom, Yuli Komalasari, M.Kom dan satu orang mahasiswa UBSI, Syahrul Gunawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *