Pelatihan Mengelola Media Sosial dan Filter Terhadap Berita Hoax

Pada kesempatan ini, penulis Ichsan Widi Utomo bersama anggota kelompok dari  Universitas Bina Sarana Informatika Fakultas Komunikasi dan Bahasa yakni, Rio Septian, Muhammad Ichsan, Sultan Himawan, Fajar Muharam, Varadina Asoka Sekar Arumi dan dua mahasiwa program studi penyiaran Fadliansyah (42180533) & Alif Rizki (42180577) mengajak masyarakat khususnya Remaja karang taruna Gang Kembang untuk mengenal dan memahami penggunaan media social dan cara memfilter berita-berita yang dianggap hoax. Untuk itu terserenggalalah kegiatan pengabdian masyarakat bersama Remaja karang taruna Gang Kembang, Bogor.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 13 April 2019 bertempat di Aula Kelurahan Gg. Kembang, Bogor. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berusia sekitar 14-18 tahun, dengan status anak SMP dan SMA yang dimana diperkenalkan pemahaman tentang pemberitaan TV maupun yang ada di social media.

Adapun peran serta dari panitia dalam pengadian masyarakat ini adalah menyampainkan materi dan penjelasan dari pemberitaan yang mengandung unsur hoax. Secara bergantian panitia memaparkan dan menunjukan pemberitaan yang ada di media sosial yang dapat dikatakan sebagai berita yang tidak benar. Target dalam Pengabdian Masyarakat ini adalah para kalangan remaja karena remaja sendiri adalah golongan yang cepat menyebarkan berbagai informasi dan dekat dengan pemberitaan melalui media sosial. Ada pun remaja karang taruna Gang Kembang, Bogor adalah kelompok anak muda yang  tergolong aktif dan punya energi besar untuk mempelajari hal baru.

Dengan mengenalkan ineternet positif ini kepada mereka diharapkan mampu menambah wawasan di bidang media penyiran, media sosoal dan penyebaran informasi-informasi yang bukan hoax. Untuk itu hadirnya pengabdian masyarakat ini adalah sebagai upaya menarik minat anak muda karang taruna Gang Kembang untuk peka terhadap informasi sekitar dan menjadikannya sebagai sebuah pemberitaan yang layak untuk masyarakat luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *