Citizen Journalism

Sadar atau tidak, dengan perkembangan teknologi dan informasi saat ini, sebenarnya masyarakat sudah turut serta memberitakan suatu hal melalui media sosial seperti facebook, twitter, atau instagram.  Hanya saja informasi atau pemberitaan ini tidak sesempurna apa yang disajikan di media televisi pada program pemberitaan.

Pemberitaan kita kenal juga dengan istilah jurnalistik, yang merupakan sebuah proses pengolahan dan penyebaran pemberitaan atas sebuah kejadian atau peristiwa yang aktual dan menarik perhatian masyarakat. Pemberitaan ini harus memenuhi unsur 5W+1H (What/apa, Where/di mana, When/kapan, Who/siapa,  Why/kenapa dan How/bagaiamana).

Adapun sebagai masyarakat yang menyebarakan pemberitaan dapat dikenal dengan istilah citizen journalism. Fenomena ini sebenarnya sudah ada sejak era 90an dalam bentuk website, dan dalam perkembangannya munculnya wordpress, blogspot dan lainnnya yang memungkinkan masyarakat dapat  berinteraksi satu dan lainnya. 

Peka Terhadap Berita Sekitar  Dan Pelatihan Mengemas Pemberitaan Menggunakan Gadget

Melihat hal tersebut, memungkinkan untuk menyebarkan hal positif bagi masyarakat Indonesia terutama pada kalangan anak muda dalam mengisi kegiatan sehari-hari. Anak muda memiliki potensi yang sangat besar dalam memajukan dan menyebarkan hal positif, terlebih melawan informasi dan pemberitaan negatif atau hoax.

Pada kesempatan ini, penulis bersama anggota kelompok Pengabdian Masyarakat dari  Universitas Bina Sarana Informatika Fakultas Komunikasi dan Bahasa mengajak masyarakat khususnya Remaja karang taruna Gang Kembang untuk mengenal dan memahami dasar menjadi seorang citizen journalism. Dengan materi Citizen Journalisme atau aktivitas jurnalistik yang dilakukan masyarakat biasa (bukan wartawan). Maka untuk itu terserenggalalah kegiatan pengabdian masyarakat bersama Remaja karang taruna Gang Kembang, Bogor.

Remaja karang taruna Gang Kembang, Bogor adalah kelompok anak muda yang  tergolong aktif dan punya energi besar untuk mempelajari hal baru. Dengan mengenalkan citizen journalism ini kepada mereka diharapkan mampu menambah wawasan di bidang media penyiaran, jurnalistik dan penyebaran informasi-informasi yang bukan hoax. Untuk itu hadirnya pengabdian masyarakat ini adalah sebagai upaya menarik minat anak muda karang taruna Gang Kembang untuk peka terhadap informasi sekitar dan menjadikannya sebagai sebuah pemberitaan  yang layak untuk masyarakat luas.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 13 April 2019 bertempat di Aula Kelurahan Gg. Kembang, Bogor. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berusai sekitar 14-18 tahun, dengan status anak SMP dan SMA yang dimana diperkenalkan pemahaman tentang pemberitaan TV dan diarahkan untuk menjadi seorang citizen journalism dengan belajar mengemas berita memanfaatkan gadget yang dimiliki. 

Dalam kegiatan ini, setelah diberikan dasar dan proses pemberitaan, peserta diajak untuk membuat sebuah berita yang ada di lingkungan mereka. Terlihat antusias dari peserta, dimana mereka mencoba mewancarai warga sebagai narasumber dan belajar mengambil video untuk diberitakan dan menyusun pemberitaan sesuai dengan unsur 5W+1H.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *