Pelatihan Pemanfaatan Internet Untuk Berbisnis

Internet adalah suatu media yang digunakan untuk mengefesiensikan sebuah proses komunikasi yang dihubungkan dengan berbagai aplikasi, seperti Web, VoIP, E-mail. Dengan efisiensi proses tersebut, maka manfaat yang ada pada internetpun benar-benar begitu luasnya. Di era serba digital ini, terutama setelah era smartphone, peningkatan dari e-bisnis menunjukkan perubahan. Beberapa pelanggan bergantung pada smartphone mereka dalam membuat keputusan pembelian produk dan layanan dari situs web. Adapun hal-hal lain berkenaan dengan pemanfaatan internet dalam sisi e-bisnis yang berkaitan dengan isian atau konten, sehingga peluang untuk menjadi copywriting atau contentwriting dengan memanfaatkan internet dapat menjadi bentuk atau media peluang usaha yang lainnya.

Melihat manfaat dan peluang yang didapat pada pemanfaatan internet terutama untuk  proses bisnis dan dimana kita ketahui pengguna internet sebagian besar adalah remaja, maka sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat, dosen dan mahasiswa dari Universitas Bina Sarana Informatika mengadakan pelatihan pemanfaatan internet untuk berbisnis. Dimana kegiatan pengabdian ini berisi materi berkaitan dengan peluang sebagai copywriting atau contentwriting ataupun dropshiper

Adapun kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2019, dengang jumlah peserta 20 orang dan diadakan di Aula Panti Asuhan Harapan Mulia Purwokerto, Banyumas. Pelatihan ditutori oleh ibu Eva Argarini Pratama, M.Kom dengan materi yang dijelaskan mulai dari langkah-langkah awal membuka online shop pada marketplace hingga menjadi dropshiper. Selanjutnya materi oleh Bapak Hidayat Muhammad Nur, M.Kom yang menjelaskan mengenai langkah-langkah menjadi copywriting atau contentwriting, manfaat yang didapat ketika menjadi copywriting atau contentwriting, serta motivasi pada peserta pengabdian untuk dapat memaksimalkan pemanfaatan internet tersebut. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan adanya tambahan wawasan  dan ilmu mengenai manfaat internet pada bidang-bidang yang cakupannya lebih luas lagi yang diharapkan juga dapat membantu menambah finansial bagi anak asuh panti asuhan Harapan Mulia Purwokerto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *