Edukasi Parenting Control Berbasis Aplikasi Android Untuk Pencegahan Pengaruh Negatif Pada Internet

Orang tua pada menyediakan gadget bagi anak umumnya untuk kelancaran komunikasi, menambah wawasan dan hiburan pada anak. Namun terkadang, bukan saja sebagai sarana komunikasi, tak jarang gadget juga dapat berdampak melalaikan anak sehingga anak menjadi tidak disiplin dalam penggunaan waktu belajar,waktu bermain, waktu makan dan waktu  istirahat. Dampak negative ini bisa mempengaruhi psikis dan kesehatan anak khususnya kesehatan mata akibat pengaruh sinar dari layar gadget. Oleh karena itu diperlukan pengawasan dan perhatian orang tua agar anak-anak bisa arif dalam menggunakan gadget mereka.

Sebagai praktisi akademis kami dari lingkungan Universitas Bina Sara Informatika merasa terpanggil agar memberikan sebuah edukasi tambahan kepada pada orang tua agar dapat memberikan pengawasan tentang bagaimana penggunaan gadget oleh anak. Kegiatan seminar ini telah dilaksanakan pada tanggal 18 Mei 2019 pada bulan Ramadhan,  bertempat di masjid Perumahan Mahkota Regency yang beralamat di jl. HS Ronggowaluyo Telukjambe Timur Karawang.

Target peserta yang kami undang dalam kegiatan ini adalah warga Perumahan Mahkota Regency. Materi dalam seminar dan workshop ini antara lain adalah memberikan ulasan mengenai beberapa hasil penelitian mengenai dampak positif dan negarif penggunaan gadget pada anak. Selain itu ada pula workshop tentang bagaimana mengontrol kegiatan anak pada gadgetnya melalui aplikasi berbasis android.

Selama kegiatan ini berlangsung, para peserta cukup antusias karena keingintahuan mereka tentang bagaimana penggunaan aplikasi berbasis android yang diterangkan. Kami mengucapka banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membatu kelancaran dari kegiatan ini. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *