Penyuluhan Bagaimana Melindungi Gadget Anak

Perangkat elektronik setiap hari semakin berkembang dan semakin canggih. Salah satu perangkat yang paling cepat perkembangannya adalah handphone atau biasa disebut dengan istilah gadget.  Handphone atau gadget para era ini digunakan oleh berbagai macam kalangan masyarakat. Bertempat di ruang aula TK Mutiara Hati Saga Kober, pada hari Sabtu tanggal 30 Maret 219 para wali siswa menerima penyuluhan mengenai bagaimana cara melindungi gadget untuk anak.

Alasan mengapa materi yang diberikan berkaitan dengan gadget, hal ini dikarenakan untuk era saat ini gadget bukan hal yang mahal lagi untuk dibeli dan dimiliki bagi orang dewasa maupun anak-anak. Namun seiring dengan perkembangan zaman, pemakaian gadget untuk anak-anak mulai menghawatirkan. Hal ini dikarenakan anak yang sudah familar terhadap gadget dalam kesehariannya akan lebih sulit untuk ‘berpisah’ dengan alat tersebut (mengalami kecanduan gadget), biasanya akan dialami oleh anak yang suka bermain game di gadget. Padahal kepemilikan gadget yang berbasis android minimal harus berusia 13 tahun, kurang dari itu harus menggunakan akun orang tua atau yang lebih dewasa. Awalnya orang tua memberikan gadget dengan tujuan agar si anak bisa diam dan orang tua, terutama ibu dapat menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.

Kegiatan penyuluhan ini diikuti oleh 20 orang wali siswa dan dimulai pukul 09.00 WIB. Dalam kegiatan ini diberikan materi mengenaai sisi postif dan negatif penggunaan gadget, proteksi gadget untuk menghindari hal kekerasan, pornografi dalam mesin pencari (google), proteksi youtube dan playstore.  Antusiasme peserta kegiatan terlihat dari banyaknya yang mencoba untuk mempraktekan hal tersebut dalam gadget mereka. Diharapkan dengan adanya kegiatan penyuuhan ini, semakin banyak orang tua yang sadar akan perlunya memproteksi gadget anak agar anak tidak terjerumus kedalam hal yang negatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *