Pelatihan Dasar Pengenalan Perangkat Komputer Untuk Pemuda Karang Taruna Rawalumbu Bekasi

Pengabdian Masyarakat adalah salah satu pelaksanaan dari Tridharma Perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan oleh semua tenaga pengajar. Untuk pengabdian masyarakat semester genap 2018/2019 ini kami mengadakannya di salah satu karang taruna yang terdapat di daerah Kota Bekasi tepatnya di karang taruna Rawa Lumbu, Kota Bekasi. Pengabdian masyarakat diadakan pada tanggal 28 April 2019. Adapaun materi yang disampaikan adalah berupa pelatihan dasar mengenai pengenalan perangkat computer  bagi pada pemuda karang taruna Rawalumbu. Pelatihan ini diberikan sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan perangkat keras dari komputer sehingga para pemuda karang taruna mengetahui nama berserta fungsi dari perangkat komputer . Sebagian besar pemuda yang ada di karang taruna menghadiri kegiatan pelatihan ini . Baik pria maupun wanita. Semua bersemangat dan tekun belajar mengenai perangkat komputer.

Pengabdian Masyarakat dilaksanakan 1hari. Di dalam kegiatan ini  materi yang dibahas merupakan materi dasar dalam memperkenalkan perangkat keras komputer. Semua panitia Pengabdian Masyarakat yang terlibat dalam memberikan pelatihan ini baik sebagai tutor maupun sebagai pendamping bagi para pemuda karang taruna. 

Pengabdian Masyarakat diawali dengan Pembukaan dari ketua panitia. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan pemuda karang taruna Rawa Lumbu. Selanjutnya dimulai acara pelatihan .Peserta tidak diwajibkan untuk membawa komputer karena   peserta pelatihan menggunakan komputer yang telah disediakan oleh pihak panitia. Sebelum pelatihan Tutor menerangkan terlebih dahulu mengenai mengenai materi perangkat keras komputer ini secara teori. Setelah itu baru peserta memprakteknya menggunakan komputer yang sudah disediakan. Pada saat praktek para peserta dibantu oleh beberapa orang panitia yang jumlahnya kurang lebih sama dengan jumlah peserta dengan harapan satu peserta dapat di tuntun oleh satu orang panitia yang sekaligus juga berindak sebagai tutor. Alhamdullillah sampai selesai, pengabdian masyarakt ini dapat berjalan dengan lancar, tenang, tertib dan teratur. Harapannya semoga pengabdian masyarakat ini benar-benar dapat menjadi ilmu yang bermanfaat dan dapat diterapkan mereka dikemudian hari. (LHM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *