Optimalisasi Fitur Microsoft Excel Untuk Menunjang Kegiatan PKK dan Karang Taruna RW. 07 Cipinang Besar Selatan

Sabtu, 7 April 2019, Para dosen Fakultas Teknologi Informasi Univ. Bina Sarana Informatika melaksanakan pengabdian masyarakat kepada pengurus PKK dan Karang Taruna RW. 07 Cipinang Besar Selatan untuk mengenalkan fitur-fitur penting dalam aplikasi Microsoft Excel untuk untuk menunjang aktifitas organisasi mereka sehari-hari.

Kegiatan pengabdian masyarakat pada Semester Genap 2018/2019, dengan Ketua Panitia Adjat Sudradjat, M.Kom, Tutor Agus Salim, M.Kom, dan Anggota Rusdiansyah, M.Kom. Ishak Komarudin, M.Kom, Ali Haidir, M.Kom, Rino Ramadan, S.Kom, dan Ervira Saputri dilaksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 7 dan 13 April 2019 di Balai Warga RW. 07 Cipinang Besar Selatan Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur.

Hari pertama kegiatan pengabdian yang dibuka oleh sambutan dari H. Masfur Mufti, MH selaku ketua RW. 07. “Kami berterima kasih kepada para dosen yang sudah berperan aktif memberikan ilmu dan keahliannya kepada warga kami, khusus pengurus PKK dan Karang Taruna”, ujar Ketua RW 07 dalam sambutannya. Selanjutnya, Agus Salim, M. Kom selaku tutor menyampaikan materi pelatihan dan mengajak peserta untuk mempraktekan latihan-latihan dengan bimbingan para anggota tutor.

Pada hari kedua, tutor memberikan penajaman materi khusus pada fitur-fitur penting dari aplikasi Excel. Dan di sesi terakhir, para peserta mengerjakan soal latihan berupa pembuatan laporan keuangan. “Kami terus terang baru tahu beberapa fungsi dari fitur-fitur yang ada di Excel, yang sebenarnya kami butuhkan saat membuat laporan keuangan, dll. Kami sangat terbantu dengan adanya pelatihan seperti ini”, ujar salah seorang perwakilan peserta dalam testimoninya setelah pelatihan selesai dilaksanakan.

Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk kontribusi positif yang diberikan langsung dari para dosen Program Studi Sistem Informasi kepada masyarakat, dengan target capaian adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan fitur-fitur penting dalam Ms. Excel, sehingga mereka bisa lebih cepat dan rapih saat bekerja dengan aplikasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *