Bagaimana Cara Menggunakan Media Sosial Dengan Baik

Salam sejahtera untuk kita semua, kami dari Kelompok 4 mata kuliah Character Building Universitas BSI baru saja melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat Sosialisasi tentang Bagaimana Cara Menggunakan Media Sosial Dengan Baik. Media sosial memberikan akses kemudahan bagi kita dalam berkomunikasi. Dengan media sosial, komunikasi dapat berlangsung lebih efektif dan efisien. Perbedaan jarak dan waktu tidaklah lagi berarti karena informasi dapat tersebar luas secara cepat. Tak heran jika keberadaan media sosial sangatlah dibutuhkan. Berkat media sosial, mengenali seseorang saat ini tidak serumit dahulu. Cukup membuka akun media sosial milik seseorang yang kita tuju, maka dengan mudah kita mendapatkan informasi tentangnya. Melihat situasi seperti ini, kita perlu bersikap bijak dan hati-hati dalam menggunakan media sosial. Baiknya kita mem-filter terlebih dahulu segala sesuatu yang akan kita unggah ke media sosial. Sebelum mengunggah foto atau video, coba pikirkan dua kali kira-kira apa respons yang akan diberikan oleh publik.

Kegiatan seminar ini diadakan pada hari Minggu, 21 April 2019 pukul 09.00 – 10.00 WIB di Yayasan Rumah Yatim Jalan Werkudoro Kejambon Nomer 207 Tegal. Untuk pembicara sosialiasasi diisi oleh anggota kelompok mata kuliah Character Building dan kegiatan ini diikuti 20 siswa/ siswi terdiri dari 6 siswa/ siswi SD dan 16 siswa/siswi SMP di Yayasan Rumah Yatim.

Walaupun seminar ini hanya diikuti sedikitnya 20 siswa/ siswi, kami berharap dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan dan menambah wawasan mengenai lebih bijak dan cerdas menggunakan media sosial. Dan selain materi yang didapat mengenai bermedia sosial yang baik, dari mahasiswa UBSI Tegal juga memberikan bingkisan berupa nasi kotak untuk peserta kegiatan sosialisasi ini.

Acara dimulai tepat pukul 09.00 WIB dengan pembukaan oleh Rokhman Moakhlip dan dilanjutkan penyampaian materi oleh Septi Anna Sholikhah dan Ariel Haryanto. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi pertama penyampaian materi, sesi kedua yaitu sesi tanya jawab. Sebelum acara ditutup diadakan foto bersama dengan pembicara dan para peserta kegiatan seminar. Diakhir acara kita tutup dengan makan bersama dengan seluruh peserta seminar.

Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar, terima kasih kepada Bapak (pengurus/ ketua yayasan rumah yatim) yang sudah memberikan kesempatan kepada kami untuk memberikan seminar mengenai penggunaan media sosial yang baik. Semoga ilmu yang disampaikan dapat bermanfaat untk kita semua, Aamiin. Terima kasih untuk Bapak Angga selaku dosen pembimbing mata kuliah Character Building yang telah memberi arahan untuk terciptanya kelacanran dalam kegiatan seminar ini. Terima kasih untuk para peserta yaitu siswa/ siswi dari Yayasan Rumah Yatim yang telah ikut berpartisipasi dalam acara seminar ini. Tak lupa terima kasih kepada seluruh anggota kelompok yang turut adil dalam persiapan dan pelaksanaan acara seminar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *