“This is my hand!” Belajar Bahasa Inggris bersama adik-adik Panti Asuhan

Belajar bahasa Inggris bisa sangat menyenangkan, khususnya bagi anak-anak usia sekolah. Menguasai bahasa Inggris sejak dini dimulai dengan memperbanyak kosa kata (Vocabulary) tentang hal-hal dasar seperti berhitung dalam bahasa Inggris, kata kerja, nama-nama binatang dan tumbuhan serta bagian-bagian anggota tubuh manusia.

Memperkenalkan bahasa Inggris pada usia dini dapat dilakukan di sekolah-sekolah formal maupun pendidikan informal, seperti kursus-kursus dan pelatihan-pelatihan. Salah satu pelatihan yang dilakukan oleh dosen-dosen dari Fakultas Komunikasi dan Bahasa Program Studi Bahasa Inggris dari Universitas Bina Sarana Informatika adalah menggelar pengabdian masyarakat bagi penduduk yang ada di sekitar lokasi kampus UBSI.

Dosen Prodi Bahasa Inggris Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Jakarta menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat dalam bentuk pelatihan yang bertema “Pelatihan Mengenal Bagian-Bagian Tubuh dalam Bahasa Inggris (Parts of the body)” di Panti Asuhan Yauma Yatim dan Dhuafa, Jl. Paseban Raya, Jakarta Pusat.

“Bahasa Inggris menjadi sangat penting untuk dikuasai oleh generasi milenial dan generasi Z yang hidup di jaman yang serba digital sekarang ini. Belajar Bahasa Inggris bisa sangat menyenangkan dan menggembirakan, khususnya bagi anak-anak” Demikan penjelasan Ibu Dr. Baiatun Nisa, M. Pd yang merupakan Dekan Fakultas Komunikasi dan Bahasa UBSI.

Mempelajari kosa kata (Vocabulary) tentang bagian-bagian tubuh (parts of the body) menjadi salah satu hal dasar. Para peserta anak-anak Panti Asuhan Yauma Yatim dan Dhuafa diberi contoh pengucapan oleh tutor-tutor yang merupakan dosen-dosen bahasa Inggris dari kampus UBSI. Setelah itu, mereka diminta untuk bertanya kepada temannya dengan menggunakan kosa-kata yang sudah dipelajari. Mereka juga didukung untuk berani maju ke depan untuk menyebutkan bagian-bagian tubuh dengan menggunakan bahasa Inggris, seperti, “This is my hand. This is my face. This is my nose.” Dan sebagainya.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 13 April 2019 dan melibatkan dosen-dosen dari FKB Prodi Bahasa Inggris antara lain Dr. Sri Arfani, M.Pd, Dr. Baiatun Nisa, M.Pd, Dwi Indarti, M.HUM, Muji Endah Palupi, M. Pd dan perwakilan dari mahasiswa semester 6 program Bahasa Inggris, yaitu Vina Aisyah dan Wanda Yunita.

Pengurus Panti Asuhan Yauma Yatim dan Dhuafa, Bapak Jumed menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan positif ini. “Saya berterima kasih kepada bapak dan ibu dosen yang telah meluangkan waktu  dan ilmunya untuk mengajar anak-anak kami agar bisa berbahasa Inggris.” Ungkap Bapak Jumed. Kegiatan ini melibatkan 20 orang peserta anak-anak panti Asuhan Yauma Yatim dan Dhuafa yang menunjukkan antusias tinggi selama pelatihan. Kegiatan ditutup dengan acara doa bersama dan pembagian santunan alat tulis kebutuhan sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *