Pelatihan Pemanfaatan Internet Positif Untuk Membantu Pembelajaran Anak

Seiring dengan perkembangan zaman, berbagai macam informasi dapat diperoleh dari internet dengan mudah.  Semua informasi disajikan secara bebas tanpa ada batasan, sehingga  harus ada aturan – aturan bagi pemakainya, khususnya anak-anak. Pihak yang sanagt dekat dengan anak yaitu, orang tua harus bertanggungjawab terhadap keselamatan anak dari hal-hal negatif yang ada didunia maya dan memberikan perlindungan untuk anaknya.

Faktanya sebagian besar anak-anak sudah sangat ketergantungan dengan gadget, namun tidaklah semua orang tua paham dan mengerti bagaimana atau cara untuk memberikan perlindungan anak terhadap gadget khususnya dalam dunia maya. Sehingga kami sebagai tenaga pendidik dari Universitas Bina Sarana Informatika Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi  ikut berpartisipasi dalam bentuk kegiatan pengabdian masyarakat warga RT.008/010 Kelurahan Pela Mampang, dengan memberikan Pelatihan Pemanfaatan Internet Positif Untuk Membantu Pembelajaran Anak Pada Warga Pela Mampang Jakarta Selatan.

Kegiatan berlangsung pada hari Sabtu, tanggal 23 Maret 2019 pukul 09.00-12.00 WIB di Aula RT.008/010 Kelurahan Pela Mampang. Kegiatan Pengabdian dibuka oleh  Ibu Indah Ariyati, M.Kom selaku ketua pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat yang kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pemanfaatan internet positif dipandu oleh tutor yang diikuti oleh ibu-ibu warga Pela Mampang. Selama kegiatan berlangsung seluruh peserta sangat antusias mengikuti keseluruhan pelatihan hingga acara selesai. Pelatihan pun diselingi dengan tanya jawab antara peserta dengan tutor dan anggota tutor mengenai bagaimana cara melindungi anak-anak mereka dari sosial media terutama pada gadget mereka.

Harapan dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat yang bertemakan pelatihan pemanfaatan internet positif untuk membantu pembelajaran anak, orang tua dapat membantu anak-anak mereka dalam hal pembelajaran di sekolah dan orang tua dapat memahami bagaimana cara memprotect gadget mereka dari hal-hal yang negatif untuk  melindungi anak-anak mereka.

Salah satu tanggapan positif dari peserta setelah pelatihan selesai yaitu, mereka mengharapkan  kegiatan pelatihan atau workshop ini dilakukan secara kontinu. Kedepannya warga berharap mendapatkan ilmu dibidang teknologi untuk menambah wawasan mereka. Kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan pemanfaatan internet positif ini diakhiri dengan pemberian souvenir dari panitia kepada Ibu RT.008/010 Kelurahan Pela Mampang dan juga dilakukan foto bersama masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *