Ajak Ibu PKK Berlatih Master of Ceremony (MC)

Jakarta, 9 & 16 Maret 2019, Fakultas Komunikasi dan Bahasa (FKB) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Jakarta kembali melaksanakan pengabdian masyarakat yang bertempat di Aula UBSI, Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Acara yang mayoritas dihadiri oleh ibu-ibu PKK tersebut mengusung tema “Pelatihan Public Speaking, Teknik Presentasi dan Master of Ceremony (MC)”. Tema ini sengaja diusung agar masyarakat umum khususnya ibu-ibu PKK dapat memiliki kepiawaian dalam memandu berbagai acara baik formal maupun informal dilingkungan mereka. Karena seperti yang kita ketahui kemampuan memandu acara atau MC dilingkungan masyarakat nampak tak ada regenerasi, sehingga MC-MC yang bertugas biasanya adalah hanya orang yang sama dan umumnya sudah berada pada tingkatan usia senior.

Agenda yang berlangsung pada pukul 09:00 di hari Sabtu tersebut diawali dengan sambutan Kepala Kampus UBSI Ciledug, Riswandi Ishak, M.Kom dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Siti Sunarti selaku Ketua RT sekaligus Pembina PKK di lingkungan RT 10/RW 04, kelurahan Ulujami. Berbagai tips dan informasi seputar memandu acara pada pengabdian masyatakat kali ini disampaikan secara apik oleh Liliyana, S.Sos, M.Ikom. Materi yang tak biasa disampaikan pada masyarakat awam tersebut nyatanya banyak mengundang perhatian para peserta, terutama saat sesi tanya jawab dan tantangan memandu acara dibuka, pasca sesi materi disampaikan. Kebanyakan dari peserta baru mengetahui bahwa ada teori-teori khusus dalam public speaking, khususnya dalam memandu acara atau sebagai MC dalam sebuah acara.

“Materinya sangat bagus, selama ini saya tidak mengetahui bahwa MC itu ada teorinya, lewat agenda ini saya jadi punya pengetahuan baru akan public speaking.” Ungkap Purwantini, 49 Tahun, salah seorang peserta PM FKB UBSI. Menurut ketua pelaksana pengabdian masyarakat Akademi BSI Jakarta Mike Indarsih, M.Ikom “Kegiatan yang sudah menjadi rutinitas di setiap semester ini merupakan salah satu upaya kami dalam mengaplikasikan tri darma perguruan tinggi ke tengah masyarakat, khususnya dalam memberikan sumber-sumber pengetahuan baru yang kedepannya tentu akan berguna bagi kehidupan mereka sehari-hari.”

Selain itu, Siti Sunarti, Ketua RT sekaligus Pembina PKK di lingkungan RT 10/RW 04, menyatakan “Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi kami khususnya ibu rumah tangga, selama ini pengetahuan kami akan public speaking atau MC sangat terbatas, tapi berkat acara ini wawasan kami jadi terbuka. Semoga kedepannya kami dapat diikutsertakan kembali dalam agenda PM selanjutnya.”

Menurut KK UBSI Ciledug, Riswandi Ishak, M.Kom, “melalui pengabdian masyarakat ini, UBSI berharap dapat berbagi ilmu kepada masyarakat yang bermukim di sekitar kampus UBSI Ciledug. Semoga kedepannya UBSI dapat memfasilitasi kegiatan serupa dengan tema-tema baru yang pastinya akan memperkaya pengetahuan masyarakat sekitar kampus pada agenda pengabdian masyarakat selanjutnya”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *