Pelatihan Penunjang Kegitan Operasional Menggunakan Microsoft Excel Pada Karang Taruna Dan PKK

Pada Hari Sabtu , Tanggal 6 & 13 April 2019 , Pukul 08.00 s.d selesai. Universitas Bina Sarana Informatika telah melaksanaan pengabdian masyarakat di Kelurahan Cipinang Jaya, Jakarta Timur.

Sasaran utama dalam kegitan ini adalah anggota karang taruna di kelurahan Cipinang Besar , Jakarta Timur. Kegiatan pengabdian ini bertujuan agar masyarakat dapat mengembangkan ilmu Komputer yang sudah mereka miliki sebelumnnya. Kegiatan pengabdian ini di pimpin oleh Ibu Sucitra Sahara selaku ketua kegiatan ini . Dan kegitan ini juga di arahkan dengan seorang tutor yaitu Ibu Mely Mailasari selaku tutor dalam kegiatan ini. Kemudian di damping oleh mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika dan Pendamping Tutor dosen pengajar lainnya.

Adapun tema dalam kegitan ini adalah “Pelatihan Penunjang Kegitan Operasional Menggunakan Microsoft Excel Pada Karang Taruna Dan PKK Rw.007 Kelurahan Cipinang Besar Selatan”. Berkaitan dengan tema yang diberikan oleh Universitas Bina Sarana Informatika sehingga materi yang disampaikan adalah seputar  bagaimana menggunakan excel secara tepat dan benar. Secara Garis besar kemungkinan anak-anak muda sudah mengetahui fungsi excel dan bagaimana mengoperasikannya. Terutama untuk membuat kolom kolom perhitungan yang biasa digunakan untuk membuat laporan-laporan keuangan.

Microsoft Excel juga berguna untuk membantu dalam membuat laporan keuangan karang taruna. Ataupun dalam dunia pekerjaan sangat berguna sebagai skill dasar dalam bekerja. Pembahasan yang disampaikan oleh Ibu Mely Mailasari dimulai dari permasalahan sederhana seperti perhitangan Rata-Rata , Nilai maximal, Sampai dengan pembuatan grafik . Tantangan kami sebagai seorang pengajar adalah bagaimana membuat anak-anak menjadi faham dan mudah dalam mengguanakan Microsft excel. Sehingga tidak ada lagi yang tidak paham bagaimana membuat rumus praktis didalam Microsoft Excel. Begitu banyak kemudahan –kemudahan yang diberikan oleh Microsoft Excel membuat para peserta menjadi bersemangat untuk memperdalam Ilmu Komputer. Kami Sebagai pendamping juga selalu membantu apabila peserta mengalami kesulitan untuk mengikuti materi yang berikan oleh Tutor

Hal yang sangat mengesankan bagi kami adalah betapa semangatnya anak-anak  dalam mengikuti kegiatan pengabdian ini, dan ini juga merupakan cerminan untuk kami agar kami juga mempunyai semangat yang sama untuk menghadapi tantangan yang baru. Sebelum mengakhiri kegiatan kami mengabadikan pengabdian ini dengan foto bersama peserta dan rekan rekan semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *