Who Am I? Character Building For Teen

Berdasarkan tujuannya memberikan motivasi kepada anak bangsa agar tercipta kepribadian yang baik, maka Universitas Bina Sarana Informatika dalam pengabdian masyarakat mengadakan seminar “Who Am I? Character Building for Teens”. Acara bersama Forum Anak Bambu Apus ini digelar pada hari Sabtu, 6 April 2019 di RPTRA (Ruang Publik Terbuka Ramah Anak), Jl. Gebang Sari, RT.2/RW.5, Bambu Apus, Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13890, yang berlangsung dari pukul 13.00 WIB – 15.00 WIB.

Kegiatan ini merupakan pengabdian pada masyarakat yang harus dilakukan oleh para dosen untuk memenuhi tugas Tridharma perguruan tinggi. Seperti yang disampaikan dalam kata sambutan oleh Pramelani, S.Sos, MM selaku Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat Jurusan Hubungan Masyarakat, Universitas Bina Sarana Informatika bahwa kegiatan seminar tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi para peserta, serta dapat membangun semangat dan karakter yang baik kepada anak-anak bangsa agar tercipta kreatifitas kepercayaan diri yang baik. Hal senada dilontarkan oleh Septian selaku Koordinator Pengurus RPTRA Gebang Sari dimana di sela-sela sambutannya mengatakan bahwa dengan diadakannya kegiatan seperti ini merupakan kesempatan yang luar biasa bagi dirinya juga dan peserta sebagai motivasi dan bermanfaat bagi anak-anak wilayah Bambu Apus. Beliau pun mengucapkan terima kasih kepada tim dari universitas yang telah membagi ilmunya bagi para peserta. Setelah sambutan, Septian pun meresmikan acara seminar ini dibuka dan dimulai sampai selesai berjalan lancar.

Materi “Who Am I? Character Building for Teens” disampaikan oleh Rawit Sartika, S.Pd, MM, Dosen Universitas Bina Sarana Informatika menjelaskan bahwa hal yang harus dilakukan dalam membangun kepribadian yang baik adalah dengan mengenal diri kita sendiri dulu, apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan kita. Acara ini direspon sangat baikoleh para peserta dimana target yang hadir telah terpenuhi sebanyak 25 orang dari Forum Anak Bambu Apus. Disela-sela penyampaian materi ada beberapa video dan film yang sangat menarik sehingga dapat memotivasi anak-anak dalam membangun karakter yang baik dan penuh semangat.

Antusias dari para peserta tidak hanya pada sesi pemutaran video dan film,  melainkan mereka juga aktif turut serta dalam setiap game (permainan) yang berhubungan dengan materi yang sudah disampaikan oleh tutor. Dengan diadakannya game tersebut juga sebagai evaluasi untuk melihat feedback materi telah yang dijelaskan dapat ditangkap atau diterima dengan baik atau tidak. Dan, hasilnya para peserta begitu semangat dan antusias dalam menjawab pertanyaan yang ada di dalam permainan (games)

Dengan demikian program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh para dosen dan mahasiswa jurusan Hubungan Masyarakat, Universitas Bina Sarana Informatika ini sangat penting sekali bagi para peserta dalam membangun sebuah karakter yang baik dalam meningkatkan kepercayaan diri mereka agar kelak menjadi anak-anak yang sukses dan penuh semangat dalam meraih cita-citanya. Dan, kegiatan ini akan terus berlanjut pada setiap semesternya dengan materi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan para peserta yang dituju.(Fajar Diah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *