Pelatihan Menyusun Laporan Keuangan dengan Menggunakan Microsoft Excel

Ciseeng-Bogor___Pada hari Minggu, 10 Maret 2019 tampak pemandangan yang berbeda di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yayasan Qamar Al-Dien. Spanduk bertuliskan “Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika Fakultas Teknologi Informasi” terpasang di tiang-tiang penyangga gedung PKBM tersebut. Para Dosen  UBSI mengadakan Pengabdian Masyarakat dengan mengangkat tema “Pelatihan Menyusun Laporan Keuangan dengan Menggunakan Microsoft Excel”. Tujuan utama kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini agar masyarakat dapat meningkatkan kemampuan dalam memenuhi kebutuhan akan informasi yang tersebar semakin cepat, dalam hal ini informasi yang dimaksud merupakan data yang dalam penggunaan sehari-harinya membutuhkan pengolahan terlebih dahulu sebelum sampai kepada atasan dalam bentuk laporan atau informasi yang telah diolah untuk orang-orang yang membutuhkan.

Peserta dari Siswa-Siswi PKBM Yayasan Qamar Al-Dien, Jl. Babakan Kulon I, Babakan, Ciseeng, Bogor, Jawa Barat, yang mengikuti kegiatan ini sudah berkumpul sejak jam 07.30 pagi. Mereka terlihat sangat bersemangat karena sebelumnya memang jarang mendapatkan pelatihan menggunakan komputer seperti ini. Kegiatan ini dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB. Selain itu, antusiasme peserta mengikuti kegiatan ini juga terlihat sangat besar, terlihat dari semangat para peserta untuk mengerjakan instruksi dari para tutor sampai akhir pelatihan. Jumlah peserta yang hadir + 40 orang yang dibagi di dua ruangan. Adapun pengisi materi antara lain Ibu Lila Dini Utami, M.Kom, Bapak Kudiantoro, M.Kom, Ibu Indah Purwandani, M.Kom dan Bapak Ibnu Alfarobi, M.Kom, serta satu orang mahasiswa yaitu Salma Nur.

Hingga akhir acara peserta tetap semangat mengikuti kegiatan. Acara ditutup dengan berfoto bersama dan sebagai simbolis berupa penyerahan souvenir dari tim UBSI kepada ketua Yayasan Qamar Al-Dien Ciseeng. Besar harapan Kami para peserta PKBM dapat menerapkan ilmu yang sudah mereka dapat dalam kehidupannya sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *