Pembuatan Spanduk dan banner untuk Karang Taruna dan Ibu PKK

Prospek bisnis pembuatan spanduk dan banner masih termasuk ke dalam sepuluh bisnis yang dibutuhkan oleh konsumen di Indonesia pada tahun ini. Sejak tahun 2018 hingga 2019 diprediksi bakal banyak spanduk dan banner yang bertebaran di jalanan hingga di mall-mall. Selain masuk musim pemilihan presiden dan pemilihan legislatif, spanduk dan banner masih menjadi primadona sebagian masyarakat untuk mempromosikan produk maupun usahanya.

Melihat kondisi tersebut, sejumlah dosen dari Program studi Periklanan Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta melakukan kegiatan Pelatihan Pembuatan spanduk dan banner.  Acara diselenggarakan pada tanggal 1 Desember 2018 di kampus BSI Margonda.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan pesertanya yang berasal dari Pemuda Karang Taruna dan Ibu-ibu PKK RW 06 di lingkungan Beji Depok. Diharapkan dengan kegiatan ini bisa memberikan pengetahuan kepada anggota generasi milenial dan ibu-ibu untuk bisa memahmi cara teknis pembuatan spanduk dan banner. Sekaligus menangkap peluang bisnis tersebut. “Memberikan pembelajaran kepada masyarakat bagaimana membuat spanduk dan banner yang menarik,” kata Priatno M.Kom salah satu dosen yang jadi pembicara dalam kegiatan pelatihan tersebut.

Pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan para dosen Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta dalam menjalankan Tridarma dosen yaitu melaksanakan program kemitraan kepada masyarakat. Selain Priatno, ada beberapa dosen yang jadi pembicara yaitu  Elpa Hermawan, S.I.Kom, MM, Aska Wibianto, Ghifary Muhammad Arasta dan Yogi Ariska.

Sambutan hangat pun diberikan oleh 25 para peserta yang terdiri dari para pemuda dan ibu-ibu yang setiap hari melihat berkembangnya bisnis spanduk dan banner di daerah mereka tapi kurang pengetahuan  untuk bagaimana cara membuat kedua media promosi tersebut.
“Dari segi materi yang diberikan berkaitan dengan apa yang dibutuhkan oleh peserta  sangat lah bermanfaat. Karena mereka bisa praktek langsung, termasuk di dalamnya tips menggunakan aplikasi photoshop,” Kata Priatno.

Bahkan secara sederhana para pemuda Karang Taruna dan ibu-ibu PKK bisa langsung praktek sehari-hari untuk kebutuhan promosi berbagai acara yang mereka buat. Karena media promosi cetak yang baik akan membantu penyampaian informasi dan akan menarik minat bagi yang melihatnya.

Oleh karena itu, pada pengabdian masyarakat ini kami akan memberikan ilmu dan pelatihan tentang ”Membuat Spanduk dan Brosur” dengan tujuan mempersiapkan Pemuda Karang Taruna dan Ibu-ibu PKK RW 06 di lingkungan Beji Depok dapat membuat media pormosi khususnya media promosi cetak dengan mandiri jika nanti akan mengadakan sebuah kegiatan.
Jelaslah, semua setuju kalau dikatakan pelatihan pembuatan spanduk dan banner ini sejalan dengan terbukanya bisnis percetakan yang masih mengalami masa kejayaannya di tahun ini.

         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *