Pembuatan Desain Grafis Sebagai Penunjang Dalam Kreativitas Bagi Santri Di PPQ Nahwa Nur

Jakarta, 29 September 2018 Dosen Akademi Komunikasi , Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Jakarta program studi Periklanan telah melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat pada Sabtu, 29 September 2018. Dosen pada Perguruan Tinggi wajib melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya adalah Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, selain mengajar dan meneliti. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini berlokasi di Pondok Penghafal Qur’an Nahwa Nur, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Bojong Gede, Bogor Jawa Barat. Acara dimulai pada pukul 13.00 hingga pukul 15.00 WIB, dengan sasaran kegiatan adalah santri-santri PPQ Nahwa Nur sebanyak 27 orang. Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan dan sambutan oleh ketua PPQ Nahwa Nur Bapak KH.Hadi Santoso Helsi. Menurut beliau, kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para dosen ini merupakan sebuah kegiatan yang disambut baik oleh pihak PPQ Nahwa Nur karena selain belajar di sekolah dan mengaji, para santri juga bisa mendapatkan tambahan ilmu lain yang bermanfaat bagi santri dan PPQ. Selain ilmu agama, keterampilan lain juga diperlukan agar dapat bersaing. KH.Hadi Santoso Helsi juga menghimbau santri-santri agar mengikuti dengan baik materi yang disampaikan. Dan beliau juga berterimakasih kepada BSI atas ilmu yang diberikan oleh para dosen.

Tema dari kegiatan yang diangkat pada Pengabdaian Masyarakat kali ini adalah Pembuatan Desain Grafis Sebagai Penunjang Dalam Kreativitas Bagi Santri di PPQ NAHWA NUR . Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini berbentuk kegiatan pelatihan pembuatan desain grafis mengenai pengenalan tools dan pengaplikasian dari software Adobe Photoshop dan pembuatan brosur untuk media publikasi.

Menurut ketua pelaksana kegiatan Ibu Widarti, M.I.Kom tema ini diangkat dengan tujuan melatih dan memberikan ilmu bagi santri-santri di PPQ Nahwa Nur dalam bidang desain grafis. Karena sejak beberapa tahun terakhir hinga saat ini pemanfaatan komputer untuk desain grafis menjadi salah satu kebutuhan sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin maju. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa pelatihan ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi santri-santri ketika mereka sudah lulus nanti dan bersiap mengahadapi dunia kerja.

Materi dan pelatihan diberikan oleh Tim Tutor dari AKOM UBSI dengan terlebih dahulu menjelaskan definisi, tujuan dan manfaat dari desain grafis. Serta memperkenalkan aplikasi software Adobe Photoshop kepada peserta. Selain itu Tim Tutor yang dikordinir oleh Bapak Anga Praadipta Baskoro, MM S.IKOM, MM juga memperkenalkan bagian-bagian dan istilah yang ada dalam desain grafis .Setelah pemaparan materi , kegiatan dilanjutkan dengan tutorial pembuatan brosur untuk media publikasi . Peserta juga langsung mempraktekan pembutan spanduk dengan menggunakan laptop dengan dibimbing oleh Tim Tutor AKOM UBSI Jakarta. Materi pada Pengabdian Masyarakat kali ini merupakan materi yang mudah untuk diikuti dan dipahami oleh para santri. Peserta kegiatan mengikuti dengan antusias dan semangat. Tanya jawab dan komunikasi dua arah yang berjalan dengan lancar berlangsung dengan santai sehingga membuat peserta lebih dalam mudah mengikuti pelatihan.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat diakhiri dengan pemberian cinderamata dari UBSI Jakarta kepada PPQ Nahwa Nur dan juga dilakukan foto bersama pseserta kegiatan dan para dosen Akademi Komunikasi UBSI Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *