Pelatihan microsoft office bagi panti asuhan Thariiqul Jannah, Rawa Lumbu, Kota Bekasi

Pengabdian Masyarakat sebagai salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap Dosen, menjadi hal yang sangat menarik dilakukan setiap semesternya. Ilmu yang di sampaikan Dosen tidak hanya diberikan kepada mahasiswa di bangku perkuliahan namun juga wajib disampaikan kepada masyarakat. Untuk pengabdian masyarakat semester GASAL 2018/2019 ini kami mengadakannya di salah satu Panti Asuhan yang terdapat di daerah Kota Bekasi tepatnya di Yayasan Panti Asuhan Thariiqul Jannah, Rawa Lumbu, Kota Bekasi.

Pengabdian masyarakat diadakan pada tanggal 27,28 Oktober 2018 dan tanggal 3,4,10,11 November  2018. Adapaun materi yang disampaikan adalah berupa pelatihan Microsoft office khususnya Microsoft Word bagi anak-anak panti asuhan. Pelatihan ini diberikan sebagai salah satu upaya untuk memudahkan  anak-anak panti asuhan khususnya didalam pembuatan proposal. Semua anak-anak panti  ikut serta ambil bagian ini. Baik pria maupun wanita. Semua bersemangat dan tekun belajar mengenai Microsoft Office ini.

Pengabdian Masyarakat diawali dengan Pembukaan dari ketua panitia. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Pengurus Yayasan Panti Asuhan Thariiqul Jannah, Rawa Lumbu. Selanjutnya dimulai acara pelatihan. Peserta tidak diwajibkan untuk membawa laptop karena  masing-masing peserta pelatihan menggunakan laptop yang telah disediakan oleh pihak panitia. Sebelum pelatihan Tutor menerangkan terlebih dahulu mengenai mengenai program dari pelatihan Microsoft office ini secara teori. Setelah itu baru peserta memprakteknya menggunakan laptop masing-masing. Pada saat praktek para peserta dibantu oleh beberapa orang panitia (Dosen) dan dibantu dengan beberapa orang mahasiswa yang jumlahnya kurang lebih sama dengan jumlah peserta dengan harapan satu peserta dapat di tuntun oleh satu orang panitia yang sekaligus juga berindak sebagai tutor. Setelah praktek para peserta juga diberikan soal-soal latihan untuk melihat sampai sejauh mana mereka paham dengan materi yang disampaikan. Begitu pula dihari-hari selanjutnya.

Alhamdullillah sampai hari terakhir, pengabdian masyarakt ini dapat berjalan dengan lancar, tenang, tertib dan teratur. Harapannya semoga pengabdian masyarakat ini benar-benar dapat menjadi ilmu yang bermanfaat khususnya bagi anak-anak panti asuhan dan mereka dapat menerapkannya didalam pembuatan proposal, surat menyurat maupun kegaitan administrasi lainnya (PRA).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *