Pelatihan lanjutan pengoperasian Microsoft Word dan Excel

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang ditujukan untuk siswa siswi  Mts Sullamul Istiqomah bertepatan pada tanggal 22 Oktober 2018 di Mts Sullamul Istiqomah,  Jl. Kaliabang Bungur No.158 RT 003/RW 018, Harapan Jaya, Bekasi Utara Kota Bekasi Jawa Barat 17124 dan dihadiri oleh 30 siwa siswi. Kegiatan berlangsung dari pukul 12.30 wib s.d 14.30 wib, bertempat di ruang kelas 8A. Materi yang disampaikan adalah penggunaan Microsoft Word dan Excel yang diberikan oleh tutor Istiqomah, Nurlatifah, Lia Triana. Kegiatan ini  diketuai oleh Istiqomah dengan dosen pembimbing Jaka Santosa,S.H.,M.H.

Paparan mengenai penggunaan Microsoft Word dan Excel tidak hanya diberikan secara teori, tetapi siswa siswi diajak langsung untuk praktik. Penggunaan Microsoft Word misalnya pada Pembuatan kop surat dipraktikkan dengan pembuatan surat keikutsertaan siswa dalam mengikuti lomba, penggunaan Equation dipraktikkan dalam penulisan rumus matematika.
Sedangkan penggunaan Excel misalnya pada penggunaan tabel dipraktikkan dengan pembuatan absensi kehadiran siswea dan dalam penggunaan grafik dipraktikkan dalam pembuatan grafik dari absensi kehadiran siswi. Siswa-siswi sangat antusias, menyimak dengan semangat dan penuh suka cita bisa mengerti materi yang disampaikan

Kegiatan ini bertujuan agar para siswa siswi dapat semakin aktif dalam hal penggunaan Microsoft Word dan Excel pada proses belajar di sekolah misalnya dalam hal pembuatan tugas harian. Selain itu Pengabdian Masyarakat merupakan wujud pelaksanaan salah satu tridarma perguruan tinggi yang dilakukan oleh dosen.

Pengabdian Masyarakat ditutup oleh dosen Pembimbing Jaka Santosa dilanjutkan pemberian cinderamata kepada pihak sekolah diwakili oleh guru sekolah Mts Sullamul Istiqomah Bekasi. Semoga dengan kegiatan seperti ini dapat kembali dilaksanakan untuk Mts Sullamul Istiqomah dengan tema yang berbeda, sehingga dosen dan mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika dapat membagi ilmunya bagi siswa siswi dan dapat dipergunakan dalam kegiatan belajar. Selain itu, diharapkan dengan kegiatan pengabdian masyarakat  dapat menjadi kontribusi yang bermanfaat untuk peningkatan kemampuan siswa siswi di bidang komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *