Pembuatan Form (Form Master dan Form Transaksi) dan Membuat Laporan pada Microsoft Access

Jakarta 15 Oktober 2018 – Semester ini Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta Fakultas Teknologi Informasi  bekerja sama dengan DKM Masjid Al-Muttaqin dalam hal memberikan pelatihan komputer bagi anggota DKM dan masyarakat sekitar mesjid. Pelaksanaa pengabdian masyarakat ini diadakan dari tanggal 13 – 15 Oktober 2018 yang berlokasi di Jalan Jatikramat Indah 2 Gg. Mangga 3, Jatikramat, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17421

Pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu kewajiban dosen yaitu tridarma perguruan tinggi Pada pengabdian masyarakat ini kali ini, peserta diberikan materi Pembuatan Form (Form Master dan Form Transaksi) dan Membuat Laporan pada Microsoft Access. Tujuan dari materi agar peserta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Materi pelatihan ini disampaikan oleh bapak Doni Oscar, ibu Sari Masshitah dan ibu Elvi Sunita serta dibantu oleh 3 orang mahasiswa ( Fanny Savela, Adesiana Fadila, Ikhsan Nurmayadi) Para peserta diberikan modul untuk bahan belajar teori dan praktek. Para peserta langsung mempraktekan materi yang diawali dengan membuat form dan laporan pada laptop masing-masing dengan mengerjakan latihan soal praktek yang telah diberikan.

Para peserta sangat antusias dengan mengerjakan latihan praktek yang diberikan dan semangat bertanya jika ada yang kurang paham. Banyak manfaat yang dirasakan oleh peserta dengan adanya pengabdian masyarakat ini. Manfaatnya juga bisa langsung dirasakan oleh pihak mesjid karena dengan berbekal ilmu ini maka pihak mesjid bisa membuat form dan laporan database pada saat ada acara keislaman seperti pemotongan hewan kurban. Dan sesi terakhir ini ditutup dengan foto bersama.

4 Replies to “Pembuatan Form (Form Master dan Form Transaksi) dan Membuat Laporan pada Microsoft Access”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *