marker

Info Terkini

Unduh Materi Workshop dan Seminar




RAPAT KERJA PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (PPPM) BSI 2017
Senin, 2017-01-30

Pelaporan data Kinerja penelitian pada Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Simlitabmas) Ristekdikti telah diselesaikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya....
Selengkapnya>>

SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU VIII 2017
Rabu, 2017-01-18

SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU VIII 2017 Universitas Budi Luhur....
Selengkapnya>>

Akademi BSI dan Group Menerima Hibah Penelitian Ristek DIKTI Didanai 2017
Senin, 2017-01-16

Selamat kepada dosen Akademi BSI (Bina Sarana Informatika) dan Group yang telah lolos dalam seleksi Hibah Penelitian yang diselenggarakan oleh Kementrian Riset dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. ...
Selengkapnya>>

marker marker

Tautan Seminar

Seminar SNIT

Seminar ISSIT

KEGIATAN MONITORING DAN EVALUASI (MONEV ) HIBAH PENELITIAN DOSEN BSI

Kamis, 2016-09-08

Monev penelitian merupakan salah satu rangkaian dalam tahapan kegiatan penelitian. Tahapan-tahapan yang dimaksud meliputi pengusulan, seleksi, pelaksanaan dan pelaporan. Dengan demikian, monev penelitian harus dilakukan untuk memastikan kegiatan penelitian sudah dilaksanakan sesuai dengan usulan yang disetujui. Selanjutnya hasil monev ini juga menjadi bahan pertimbangan untuk melanjutkan atau menghentikan pelaksanaan penelitian multi tahun berdasar hasil evaluasi.

            Berdasarkan kebijakkan yang dikeluarkan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Ditlitabmas) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), maka Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat(LPPM) berkewajiban untuk melaksanakan dan menfasilitasi kegiatan Monev tersebut, pada tanggal 05 September 2016, LPPM BSI mengadakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi bagi Dosen–Dosen peneliti yang memperoleh Hibah penelitian Dosen, dimana terdiri dari 13 Kelompok peneliti yang berasal dari Perguruan Tinggi BSI. Adapun reviewer externalnya adalah Ivan Rivai dan Hamidah dari Universitas Negeri Jakarta serta Eri Prasetyo Wibowo dari Universitas Gunadarma.

                Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi dilakukan tepat pukul 10.00 WIB, dibuka oleh Eni  Heni Hermaliani salah satu pimpinan BSI dimana dalam sambutannya, ia mengatakan pelaksanaan monitoring dan evaluasi ini dilakukan bertujuan untuk melihat sejauh mana pencapaian progress penelitian para dosen peneliti juga  hendaknya luaran penelitian yang dihasilkan nantinya dapat di muat pada jurnal- jurnal yang terakreditasi ataupun seminar berskala nasional dan internasional. Selanjutnya ia katakana luaran penelitian harus dap memberikan manfaat dan sumbangsih bagi masyarakat dan masukan bagi pemerintah dalam membuat kebijakan- kebijakan.

            Pelaksanaan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi beserta Presentasi laporan kemajuan penelitian Dosen dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok  berbeda dengan reviewer yang berbeda pula. [NVK]

Kembali...

Workshop Penelitian Bagi Dosen BSI (September 2016)

Kamis, 2016-09-08

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang selanjutnya dikenal dengan sebutan LPPM adalah sebuah lembaga strategis yang mempunyai peran penting dalam memfasilitasi dan mendorong Dosen untuk mengimplementasikan kegiatan penelitian dan pengabdiannya. Bina Sarana Informatika (BSI) yang merupakan salah perguruan tinggi tingkat akademi, tentu mempunyai  tugas dan tanggungjawab yang sama dengan perguruan tinggi lainnya dalam menjalankan tri dharma Perguruan Tinggi. Melalui LPPMnya, BSI memaksimalkan peran dan fungsinya dengan kegiatan-kegiatan yang dapat mendorong dosen untuk melakukan berbagai jenis penelitian dan pengabdian sesuai kapasitas dan disiplin ilmunya.  

Guna meningkatkan hasil penelitian Dosen dalam bentuk artikel ilmiah dan proposal penelitian, dengan mengusung tema ““Meningkatkan Peran Serta Dosen BSI  Dalam Mewujudkan Hasil Penelitian Kedalam Bentuk Karya Ilmiah Sebagai Kontribusi Terbaik Bagi Kemajuan Bangsa”, LPPM BSI baru saja melaksanakan kegiatan pelatihan/workshop untuk para dosen dilingkungan perguruan tinggi BSI pada tanggal 3 dan 6 september 2016.  Adapun beberapa jenis Workshop yang dilaksanakan  oleh LPPM BSI adalah Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Publikasi ke ejournal berbasis OJS, Workshop Pengelolaan Jurnal dan Ejournal serta Workshop Penyusunan Proposal Hibah Penelitian Dikti.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Dosen BSI dapat lebih memahami dan peduli akan pentingnya profesi dan perannya sebagai  Dosen terutama dalam hal menyusun karya ilmiah yang dihasilkan dari berbagai penelitian. Karya ilmiah yang dimaksud dapat berupa publikasi ilmiah di jurnal nasional dan internasional atau publikasi dari hasil penelitian yang dilakukan baik yang didanai mandiri,  yayasan, ristek dikti, instansi pemerintah,  perusahaan atau institusi lainnya.

Kegiatan berbasis Outcome ini  tentu mempunyai tujuan dan target yang jelas dan terencana. Melalui pendampingan para nara sumber, diharapkan enam bulan setelah kegiatan dilaksanakan para dosen BSI dapat mempublikasikan/menyusun minimal  50 Artikel Ilmiah dan 25  Proposal Penelitian. [HRK]

 

 

Kembali...
top